IMPLEMENTASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA KAMPUS MERDEKA STUDI PADA MAHASISWA PESERTA PERTUKARAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.8917Keywords:
PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA KAMPUS MERDEKAAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa, faktor pendukung, faktor penghambat, dan bagaimana hasil evaluasi pelaksanaan program pertukaran pelajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum MBKM mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 “Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar dalam suatu lingkungan pembelajaran”. Implementasi PMM telah berjalan dengan baik sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan. Faktor pendukungnya antara lain, pertama, kerjasama antar pihak, kedua, adanya minat atau keinginan dari siswa. tiga fasilitas seperti biaya akomodasi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain mahasiswa masih mendapatkan nilai E pada penempatan kampus, penginputan nilai (konversi nilai), akomodasi yang sering terlambat, serta perbedaan bahasa dan budaya baru. Untuk hasil evaluasi pelaksanaan program pertukaran pelajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado dari tiga indikator seperti program pertama. yang kedua berkaitan dengan organisasi atau organisasi pelaksana program, dan yang terakhir adalah kelompok sasaran atau manfaat program, dalam hal ini mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado. Secara umum tidak ada kendala yang perlu dievaluasi secara mendalam.
Kata Kunci: Penyelenggaraan, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka
ABSTRACK
This research aims to determine what the implementation of the Student Exchange Program is like, supporting factors, inhibiting factors, and what the evaluation results of the implementation of the student exchange program at the Faculty of Economics and Business, Manado State University are. This study used descriptive qualitative method. The research results show that the implementation of the MBKM Curriculum refers to Law Number 12 of 2012 "Learning is the process of student interaction with lecturers and learning resources in a learning environment".PMM implementation has gone well in accordance with Ministry of Education policy. The supporting factors include, firstly, cooperation between parties, second, there is an interest or desire from the student. three facilities such as accommodation costs. Meanwhile, inhibiting factors include students still getting an E grade on campus placement, inputting grades (grade conversion), accommodation that is often late, and new language and cultural differences. For the evaluation results of the implementation of the student exchange program at the Faculty of Economics and Business, Manado State University from three indicators, such as the first program. the second is related to the program implementation organization or organization, and the last is the program target group or benefits, in this case students at the Faculty of Economics and Business, Manado State University. In general, there are no obstacles that need to be evaluated in depth.
Keywords: Implementation, Independent Student Exchange Program
References
Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(2), 646-655.
Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 62-70.
Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Ecca, S., Mustanir, A., Ahmad, J., Ramlan, P., Adri, K., Mardhatillah, M., & Sulaiman, Z. (2022). Peran Program Pertukaran MBKM dalam Pengembangan Kompetensi Lulusan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3). 323-330.
Haris Herdiansyah, (2014), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Salemba Humanik.
Kemendikbud RI. 2021. Panduan Operasional Buku (POB) Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Muchlis, N. (2022). Tantangan dan Peluang Kegiatan Pertukaran Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Pada Mahasiswa di Universitas Muslim Indonesia. An Idea Health Journal, 2(1), 32-34.
Oroh, S, Wuisang, J., Putri, Delia Natalia. (2024). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di Smk N 2 Tondano. Literacy Jurnal Pendidikan Ekonomi. 4(1). 1-12
Permendikbud Nomor 3 pasal 18 tentang Nasional Pendidikan Tinggi tahun 2020.
Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematika implementasi kurikulum merdeka belajar di perguruan tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175-184.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi . Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Tawas, Y. ., Mottoh, R. J., & Sri Wahyuni, N. W. . (2022). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Minat Anak Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Di Desa Werdhi Agung Induk. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 11-17.
Univesitas Ivet. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Virginia Renata Mashudi, Allen Ch Manongko, Iwan Kandori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.