PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR JURUSAN PERKANTORAN SMK N 1 MOTOLING TIMUR

Authors

  • Herlanda Tandi universitas negeri manado
  • Shelty Sumual Universitas negeri manado
  • Royke Pangkey UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9143

Keywords:

Learning Motivation , Learning Results

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kearsipan kelas XI jurusan perkantoran SMK N 1 Motoling Timur.metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi . Adapun analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan rumus t-test yaitu separated varians.

Hasil penelitian Dari hasil analisis data yang menggunakan statistic uji t nampak nilai thitung yakni sebesar 2,43 lebih besar dari  tkriteria yang hanya sebesar 2,02 atau pada pengujian bahwa H0 di ditolak dan menerima HA dimana HA diterima karena nilai thitung yaitu 2,43 tidak beradi di antara -2,02 dengan -2,02. Hasil ini mengambarkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model penbelajaran motivasi akan memberikan hasil yang lebih baik dari yang menggunakan metode ceramah hal ini dikarenakan model pembelajaran motivasi belajar dapat meningkatkan kemampuan kritis siswa, serta membetuk cara berfikir siswa untuk membangkitkan minat siswa terhadap suatu materi yang disajikan sehingga siswa terlibat aktif  dalam proses pembelajaran dan hasilnya  adalah hasil belajar siswa bisa meningkat.

Kata Kunci: Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine whether there is an influence of learning motivation on the learning outcomes of class XI archives subjects in the office department of SMK N 1 Motoling Timur. The research method used in this research is the experimental method. Data collection techniques through interviews and observation. The data analysis used to test the hypothesis is using the t-test formula, namely separated variance.

Research results From the results of data analysis using the t test statistic, it appears that the tcount value is 2.43 which is greater than the tcriteria which is only 2.02 or in the test that H0 is rejected and HA is accepted where HA is accepted because the tcount value is 2.43, no is between -2.02 and -2.02. These results illustrate that the learning process carried out using the motivational learning model will provide better results than that using the lecture method. This is because the motivational learning model can improve students' critical abilities, as well as shape students' way of thinking to arouse students' interest in the material. presented so that students are actively involved in the learning process and the result is that student learning outcomes can improve.

Keywords: Learning Motivation and Learning Results

References

Dimyati, M. (2010). Belajar Dan Belajar. Jakarta: PT. Rinka.

Herlianto, J.I., Suwatno, & Herlina. (2018, Januari). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Ciamis. Manajerial, Vol 3(4), Halaman 70.

Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067

Sardiman, AM (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja.

Slameto. (2010). Pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Litbang. Bandung: Abjad.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.

Sujana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Nurmala, D.A., Tripalupi, L.E., & Suharsano, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Vol 4(01).

Nana, S. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Literasi.

Hamzah B.Uno. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Sastra

Kandori, I., Tawas, Y. ., & Rolleh, A. F. . (2020). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 22 - 27. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3448

Kurniawan, R. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi, Vol 3(2).

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Tandi, H., Sumual, S. ., & Pangkey, R. (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR JURUSAN PERKANTORAN SMK N 1 MOTOLING TIMUR. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 168-174. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9143

Issue

Section

Articles