PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR JURUSAN PERKANTORAN SMK N 1 MOTOLING TIMUR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9143

Keywords:

Learning Motivation , Learning Results

Abstract

< strong>< p>

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kearsipan kelas XI jurusan perkantoran SMK N 1 Motoling Timur metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi Adapun analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan rumus t test yaitu separated varians < p>

Hasil penelitian Dari hasil analisis data yang menggunakan statistic uji t nampak nilai thitung< sub> yakni sebesar 2 43 lebih besar dari tkriteria< sub> yang hanya sebesar 2 02 atau pada pengujian bahwa H0< sub> di ditolak dan menerima HA< sub> dimana HA < sub>diterima karena nilai thitung< sub> yaitu 2 43 tidak beradi di antara 2 02 dengan 2 02 Hasil ini mengambarkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model penbelajaran motivasi akan memberikan hasil yang lebih baik dari yang menggunakan metode ceramah hal ini dikarenakan model pembelajaran motivasi belajar dapat meningkatkan kemampuan kritis siswa serta membetuk cara berfikir siswa untuk membangkitkan minat siswa terhadap suatu materi yang disajikan sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan hasilnya adalah hasil belajar siswa bisa meningkat < p>

Kata Kunci: Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar< em>< strong>< p>

< em>< strong>< p>

< em>< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This research aims to determine whether there is an influence of learning motivation on the learning outcomes of class XI archives subjects in the office department of SMK N 1 Motoling Timur The research method used in this research is the experimental method Data collection techniques through interviews and observation The data analysis used to test the hypothesis is using the t test formula namely separated variance < p>

Research results From the results of data analysis using the t test statistic it appears that the tcount value is 2 43 which is greater than the tcriteria which is only 2 02 or in the test that H0 is rejected and HA is accepted where HA is accepted because the tcount value is 2 43 no is between 2 02 and 2 02 These results illustrate that the learning process carried out using the motivational learning model will provide better results than that using the lecture method This is because the motivational learning model can improve students critical abilities as well as shape students way of thinking to arouse students interest in the material presented so that students are actively involved in the learning process and the result is that student learning outcomes can improve < p>

Keywords: Learning Motivation and Learning Results< strong>< p>

References

Dimyati M 2010 Belajar Dan Belajar Jakarta: PT Rinka

Herlianto J I Suwatno Herlina 2018 Januari Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Ciamis Manajerial Vol 3 4 Halaman 70

Taroreh J Kandori I Manaese R 2023 PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4 1 135 148 https: doi org 10 53682 jpeunima v4i1 7067

Sardiman AM 2011 Interaksi Motivasi Belajar Mengajar Jakarta : PT Raja

Slameto 2010 Pembelajaran dan faktor faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta

Sugiono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Litbang Bandung: Abjad

Noor J 2011 Metodologi Penelitian Jakarta: Kencana

Sujana 2005 Metode Statistik Bandung: Tarsito

Nurmala D A Tripalupi L E Suharsano N 2014 Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi Vol 4 01

Nana S 2011 Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar Bandung: Rosda Karya

Hamalik Oemar 2008 Proses Belajar Mengajar Bandung: Bumi Literasi

Hamzah B Uno 2014 Teori Motivasi dan Pengukurannya Jakarta : Bumi Sastra

Kandori I Tawas Y Rolleh A F 2020 PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 1 1 22 27 https: doi org 10 53682 jpeunima v1i1 3448

Kurniawan R 2014 Pengaruh Lingkungan Sekolah Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kudus Tahun Ajaran 2012 2013 Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi Vol 3 2

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR JURUSAN PERKANTORAN SMK N 1 MOTOLING TIMUR. (2024). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 168 174. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9143