ANALISIS KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMK N 1 AMURANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9509Keywords:
Teacher Competency, Teacher PerformanceAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang, (2) untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang, (3) untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang, (4) ) untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang, (5) untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional, Pedagogik, Keperibadian, dan Sosial secara bersama sama terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, dimana instrumen penelitian adalah kuesioner yang telah diujicobakan serta memenuhi syarat uji validitas dan reabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, korelasi sederhana dan berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMK N 1 Amurang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dengan taraf 5% dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang, (2) terdapat pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang, (3) terdapat pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang, (4) terdapat pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang, (5) terdapat pengaruh Kompetensi Profesional, Pedagogik, Keperibadian, dan Sosial secara bersama sama terhadap Kinerja Guru di SMK N 1 Amurang.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kinerja Guru
Abstrack
This research aims (1) to determine the influence of Teacher Professional Competency on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang, (2) to determine the influence of Teacher Pedagogical Competency on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang, (3) to determine the influence of Teacher Personality Competency on Performance Teachers at SMK N 1 Amurang, (4) ) to determine the influence of Teacher Social Competence on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang, (5) to determine the influence of Professional, Pedagogical, Personality and Social Competencies together on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang.
The method in this research uses a survey research method, where the research instrument is a questionnaire that has been tested and meets the validity and reliability test requirements. Data were analyzed using regression analysis, simple and multiple correlation. The population in this study were all teachers at SMK N 1 Amurang. The sampling technique used was random sampling with a level of 5% with a sample size of 65 people.
The results of the research show that: (1) there is an influence of Teacher Professional Competency on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang, (2) there is an influence of Teacher Pedagogical Competency on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang, (3) there is an influence of Teacher Personality Competency on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang, (4) there is an influence of Teacher Social Competency on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang, (5) there is an influence of Professional, Pedagogical, Personality and Social Competency together on Teacher Performance at SMK N 1 Amurang.
Keywords: Teacher Competency, Teacher Performance
References
Andi Sopandi. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal Of Reflection. Vol 2, No. (2) 123.
Hasibuan dan Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Menjadi Guru yang Profesinal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Kencana.
Saondi, Ondi, Suherman, Aris. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sinambela, Lijan Poltak. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Usman,Husaini. (2011). Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan Jilid 3. Jakarta: Bumi aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Herman Philips Dolonseda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.