PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BOLAANG

Authors

  • Tiara Tasya Tukunang UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Henry J. Tamboto UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jones Pontoh UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9718

Keywords:

Fasilitas Belajar, Motifasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Bolaang. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 siswa. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah 85 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Teknik kuisioner (angket). Jenis penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Terdapat pengaruh yang signifikan Fasilitas Belajar terhadap hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar siswa  terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar siswa koefsien korelasi 0,61 dengan nilai R Square 0,3721 atau 37,21%. Ini berarti semakin baik Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar siswa maka akan lebih efektiv bagi pembelajaran siswa.

Kata Kunci:  Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

 

Abstrack

This research aims to determine the influence of learning facilities and learning motivation on student learning outcomes at SMK Negeri 1 Bolaang. The population in this study was 108 students. Meanwhile, the sample in this research was 85 students. The technique used in data collection is the questionnaire technique. This type of research is a type of quantitative research. The research method used in this research is the survey research method. There is a significant influence of Learning Facilities on student learning outcomes. There is a significant influence of Learning Facilities and student Learning Motivation on student learning outcomes. The magnitude of the influence of Learning Facilities and Student Learning Motivation has a correlation coefficient of 0.61 with an R Square value of 0.3721 or 37.21%. This means that the better the learning facilities and student learning motivation, the more effective it will be for student learning.

Keywords: Facilities, Motivation and Learning Results

 

References

Amelia, D. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaranbahasa Indonesia Berbasis Online Di Kelas 1. Skrpsi: Fakultas Keguruan Univesitas Jambi: Jambi

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-470.

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 13-22.

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis artikel metode motivasi dan fungsi motivasi belajar siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198-203.

Hidayana, A. F. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Mi Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma, 11(1), 187-201.

Kandori, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Sebagai Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IX Di SMA Negeri 1 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). 659-663.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 289-302

Saily, P. (2022). Kelengkapan Fasilitas Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan dengan Kepuasan Peserta Didik. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 8(1), 61-69.

Salmah, A., Relita, D. T., & Suriyanti, Y. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 01 Belimbing. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 5(1), 45-54.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25-30.

Siswanto, S. P. ., Tulung, F. ., & Tambayong, J. F. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Bolaang. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 78-86.

Sulaeman, E., & Yanti, A. (2023). Kompetensi Profesional Guru dan Kelengkapan Fasilitas Belajar dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa melalui Motivasi Berprestasi. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 25(1), 37-50.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (Rev. ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Tamboto, H. J., Mottoh, R. J., & Muaya, G. A. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 98-108.

Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Serasi, 18(2), 13-23.

Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial Di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 298-305.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Tukunang, T. T. ., Tamboto, H. J., & Pontoh, J. . (2024). PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BOLAANG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 128-136. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9718

Issue

Section

Articles