PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKS POOPO

Authors

  • Niken Anggela Momongan UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Joseph Kambey UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Meike Mamentu UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9719

Keywords:

School Environment, Teacher's Role, Learning Motivation

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK S POOPO.Dalam penelitian ini data yang di kumpulkan adalah dengan menggunakan metode kuesioner,yang di sebarkan kepada 52 sampel sisiwa SMK S POOPO.Sampel yang di pilih menggunakan teknik Prposional Random Sampling Teknik Analisis data yang di gunakan adalah korelasi ganda.Berdasarkan dengan analisis data tersebut dapat di simpukan beberapam hal sebagai berikut : Terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar ,dengan koefisien korelasi r sebesar -0,174;Terdapat pada kategori rendah antara skor lingkungan sekolah dan peran guru Terdapat hubungan pada kategori cukup kuat antaran peran guru dengan koefisien korelasi r sebesar 0,818;Terdapat hubungan positif dan signifikan pada kategori cukup kuat antara pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa.Besanya skor lingkungan sekolah dan skor peran guru terhadap motivasi belajar siswa dapat di ketahiu melalui perhitungan koefisien regresi di peroleh sebesar Rsquare 0,026 hal ini menunjukan bahwa sebesar 2,6% variasi dari motivasi belajar dapat di jelaskan oleh lingkungan sekolah dan peran guru.

Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Peran Guru, Motivasi Belajar

 

 

Abstrack

This research aims to determine the influence of the school environment and the role of teachers on student learning motivation at S POOPO Vocational School. In this research the data collected was using a questionnaire method, which was distributed to 52 samples of S POOPO Vocational School students. The samples were selected using techniques Proportional Random Sampling The data analysis technique used is multiple correlation. Based on the data analysis, several things can be concluded as follows: There is an influence of the school environment and learning motivation, with a correlation coefficient r of -0.174; There is a low category between the school environment scores and the role of the teacher. There is a fairly strong relationship between the role of the teacher in the category with a correlation coefficient r of 0.818; There is a positive and significant relationship in the quite strong category between the influence of the school environment and the role of the teacher on student learning motivation. Student learning can be known through calculating the regression coefficient which is obtained at Rsquare 0.026, this shows that 2.6% of the variation in learning motivation can be explained by the school environment and the role of the teacher.

Keywords: School Environment, Teacher's Role, Learning Motivation

 

References

Dini Jamil dan Latief Sahidin. (2013) “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4, Nomor 2, Juli 2013

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2010. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Kandori, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMA NEGERI 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055

Nashar, H, (2004). Peran Motivasi Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, Cet 2, Delia Press Jakarta

Nasution, S. 1982. Azas-azas Kurikulum. Bandung: Jemars

Nugroho Joko Usito. (2013) “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Proses

Belajar Mengajar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”.

Terdapatdisitus eprints.undip.ac.id/40488/1/Nugroho_Joko_Usito.pdf Riduwan, 2012 Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung:

Rukmana A, Suryana A. 2006. Pengelolaan Kelas. Bandung (ID): UPI Press. Sadirman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.

Jakarta:Rineka Cipta

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-20 Penerbit Alfabeta, Bandung.Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Supardi, Imam, 2003. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya Bandumg : PTAlumni.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif ( Jakarta:Rineka Cipta,2010 ), 31.siswa)diunduh pada Tanggal 06 Maret 2014. Pukul 10:15Sunarto. 2008. Motivasi Belajar,(Online),eko khoeruln di 19.50(http://sunartombs.wordpress. com/2008)diunduh pada Tanggal 06 Maret 2014. Pukul 10:19

Soemanto,Wasty.(2006). Psikologi PendidikanLandasan Kerja PemimpinPendidikan.

Cetakan kelima. Bandung: Rineka Cipta.

Suharno. (2008). Manajemen Pendidikan (Suatu Pengantar bagi Para CalonGuru) Cetakan 2. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Tinjauan Pustaka Dalam Landasan Teori.“ Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa”Terdapat disitus : ejournal.upi.edu

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Momongan, N. A., Kambey, J., & Mamentu, M. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKS POOPO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 153-160. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9719

Issue

Section

Articles