ANALISIS LITERASI KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FEB UNIMA

Authors

  • Belinda Pondaag UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Henry J. Tamboto UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9721

Keywords:

LITERASI KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL , Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi

Abstract

 

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui literasi kewirausahaan berbasis digital bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FEB UNIMA, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis menggunakan tringulasi sumber di fakultas ekonomi dan bisnis universitas negeri manado, Hasil analisis menunjukan bahwa Literasi kewirausahaan berbasis digital bagi mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi FEB UNIMA, di pengaruhi oleh Pengetahuan akan kewirausahaan, ide dan Peluang Usaha, dan Pengetahuan tentang aspek-aspek usaha. hal tersebut berarti metode belajar baik melalui pendidikan, pelatihan, pengalaman, maupun juga bimbingan, memberikan peningkatan terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa serta dapat menumbuh kembangkan semangat serta menggali ide bisnis yang kreatif.Faktor yang mempengaruhi literasi kewirausahaan berbasis digital bagi mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi FEB UNIMA, adalah motivasi dan minat.

 Kata Kunci : Literasi Kewirausahaan Berbasis Digital, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi

 

 

Abstract

The aim of this research is to determine digital-based entrepreneurial literacy for students of the Department of Economic Education, FEB UNIMA. The method used in this research is a qualitative descriptive method with analysis techniques using source triangulation at the Faculty of Economics and Business, Manado State University. The results of the analysis show that entrepreneurial literacy digital-based for students majoring in economics education at FEB UNIMA, influenced by knowledge of entrepreneurship, business ideas and opportunities, and knowledge of business aspects. This means that learning methods, whether through education, training, experience or guidance, provide an increase in students' entrepreneurial attitudes and can develop enthusiasm and explore creative business ideas. Factors that influence digital-based entrepreneurial literacy for students majoring in economics education at FEB UNIMA, are motivation and interest.

  Keywords: Digital-Based Entrepreneurship Literacy, Students Majoring in Economic Education

 

References

Alfionita, Feni et al. 2020. “Pengaruh Literasi Kewirausahaan Terhadap Perilaku Berwirausaha Mahasiswa Pelaku Usaha Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.” Indonesian Journal of Social and Educational Studies 1(2).

Aulia, Nur Asni et al. 2021. “Bagaimana literasi kewirausahaan dan literasi digital berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha pedagang pakaian?” Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies 2(1): 110–26. https://ojs.unm.ac.id/JE3S.

Farida, N. E. A. (2022). Kewirausahaan. CV Rey Media Grafika.

Farani, A. Y., Karimi, S., & Motaghed, M. (2017). The role of entrepreneurial knowledge as a competence in shaping Iranian students’ career intentions to start a new digital business. European Journal of Training and Development, 41 No. 1: 83-100

Fiandra, Y. A., Rahim, B., & Yulastri, A. (2022). Kewirausahaan Digital. CV Muharika Rumah Ilmiah.

Gama, Mitra Amalia et al. 2021. “Kajian Literasi Kewirausahaan terhadap Rumah Tangga Keluarga Pelaku Industri Sagu.” Indonesian Journal of Social and Educational Studies 2(1): 1–8.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25-43.

Ibrahim, Gufran Ali, dkk. 2017. Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemnterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Juliana Marintan Siahaan. 2021. Analisis Situasi Ketenagakerjaan Provinsi Jambi 2021. Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.

Kaeophanuek, S., Jaitip, N., & Prachyanum N. (2018). How to Enhance Digital Literacy Skills among Information Sciences Students. International Journal of Information and Education Technology, 8(4), 292-297.

Muhammad Anwar. 2017. Pengantar Kewirausahaan. Jakarta: Kencana.

Mulyono, S. E. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat Untuk Peningkatan Literasi Berbasis Kewirausahaan Usaha Mandiri Melalui Pkbm Di Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 1(1).

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Purwanto, F. X. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Diploma Pelayaran UniversitasHang Tuah Surabaya).

Rahadi, Dedi Rianto, dan Etty Susilowaty. 2018. “Kreatifitas Kewirausahaan Sosial Dan Menggali Ide Usaha Baru Melalui Pengolahan Kripik Tempe Lupin.” Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan 1(1): 17–24

Rahim, Wahida. 2019. “Karakteristik dan Aspek Hukum dalam Kewirausahaan.” Jurnal Al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam 6(1): 111

Richter, C., Kraus, S., Brem, A., Durst, S. and Giselbrecht, C. (2017), “Digital entrepreneurship: innovative business models for the sharing economy”, Creativity and Innovation Management, Vol. 26 No. 3, pp. 300-310.

@article{Tuwondila_2023, title={PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA GENERASI MUDA DI KECAMATAN TONDANO SELATAN KABUPATEN MINAHASA}, volume={4}, ISSN={2774-9185}, url={http://dx.doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7523}, DOI={10.53682/jpeunima.v4i2.7523}, number={2}, journal={Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi}, publisher={Universitas Negeri Manado}, author={Tuwondila, Christy Sofia and Wuisang, Jerry and Kandori, Iwan}, year={2023}, month=dec, pages={131–141} }

Riat Rifáti, S.ST, M.Si. 2020. Analisis Situasi Ketenagakerjaan Provinsi Jambi 2020. Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.

Setyawan, Ibnu Aji. (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi Retrieved from : https://guru digital.id

Sitanggang, Friska Artaria, dan Prayetno Agustinus Sitanggang. 2021. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Intensi Dengan Faktor Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Melalui Sikap, Persepsi, dan Motivasi Menjadi Entrepreneur (Studi kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen di Kota Jambi).” 10(03)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Simanjuntak, M., Awwaliyah, I., Hayati, H., & Artanto, R. J. (2016). The Entrepreneurial Potential among Undergraduate Students. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(2), 75-84.

Suryana. 2018. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta Selatan : Salemba Empat.

Simanullang, G., Manongko, A. ., & Kandori, Iwan. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 19-26. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7401

Kandori, I. (2023). PENERAPAN LITERACY KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA DI SMAN 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 152-160. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8415

Wuisang, J. R., Korompis, C., & Lempas, J. D. (2019). Analysis of entrepreneurship education on entrepreneurship attitude students economic education department Faculty of Economic Manado State University. Asia Pacific Journal of Management and Education (APJME), 2(2), 14-32

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Pondaag, B. ., Tamboto, H. J., & Wuisang, J. (2024). ANALISIS LITERASI KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FEB UNIMA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 175-183. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9721

Issue

Section

Articles