PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Annastassya Christina Karundeng UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jety Deisye Lempas
  • Meike Drita Mamentu

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9781

Keywords:

Student Learning Motivation, Teacher Teaching Skills, Student Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dikelas x mata pelajaran ekonomi di sma negeri 2 tondano. Metode penelitan yang di pakai pada penelitan ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 55 siswa dana sampel 48 siswa.  Hasil uji simultan (bersama-sama ) menujukkan bahwa  Motivasi Belajar,  (X1) dan  Keterampilan Mengajar Guru (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap variable hasil belajar (Y). Nilai Fhitung  yang diperoleh sebesar 20,45 artinya  Fhitung  Ftabel = Fhitung  Ftabel =20,45 3,20 pada taraf signifikan 0,05 atau 5%. Nilai R square sebesar 0.833  atau 83,3 % yang berarti bahwa hubungan antara varaibel Motivasi Belajar,  (X1) dan  Keterampilan Mengajar Guru (X2)  dengan hasil belajar siswa (Y) memiliki hubungan yang kuat.

Kata Kunci:  Motivasi Belajar Siswa, Ketrampilan Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine the influence of student learning motivation and teacher teaching skills on student learning outcomes in class x economics subjects at SMA Negeri 2 Tondano. The research method used in this research is a quantitative research method. The population in this study was 55 students and the sample was 48 students. Simultaneous test results (together) show that Learning Motivation, (X1) and Teacher Teaching Skills (X2) have a significant and positive effect on the learning outcome variable (Y). The Fcount value obtained is 20.45, meaning Fcount > Ftable = Fcount > Ftable = 20.45 > 3.20 at a significance level of 0.05 or 5%. The R square value is 0.833 or 83.3%, which means that the relationship between the variables Learning Motivation, (X1) and Teacher Teaching Skills (X2) and student learning outcomes (Y) has a strong relationship.

Keywords: Student Learning Motivation, Teacher Teaching Skills, Student Learning Outcomes

References

A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta

B. Uno, Hamzah. 2016. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurhidayah, Sari. 2015. Pengaruh Penerapan Sistem E-Fillingterhadap Kepatuhan Wajib Pajak denganPemahaman Internet Sebagai Variabel Pemoderasi pada Kpp Pratama Klaten. Fakultas Ekonomi. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Belajar. Jakarta; Bumi Aksar

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Rineka Cipta Jakarta, 1995.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2017.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Karundeng, A. C., Lempas, J. D., & Mamentu, M. D. (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DIKELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 TONDANO . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 204-212. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9781

Issue

Section

Articles