ANALISIS LITERASI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN TONDANO UTARA KABUPATEN MINAHASA

Authors

  • Indri Aurellia Sigar UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9841

Keywords:

Digital entrepreneurship literacy, UMKM players

Abstract

ASBTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis literasi kewirausahaan digital bagi pelaku UMKM di Kecamatan Tondano Utara Kabupaten Minahasa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jumlah informan penelitian sebanyak 5 orang. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi kewirausahaan pelaku di Kecamatan Tondano Utara dikategorikan Baik. Hal tersebut terlihat dari masing-masing indikator literasi kewirausahaan yaitu sebagai berikut: 1) Pengetahuan. Dari segi pengetahuan kewirausahan digital yang dimiliki oleh para pelaku usaha UMKM (Penjual Pakaian) di Kecamatan Tondano Utara Kabupaten Minahasa, mereka sudah memahami dengan baik apa-apa yang seharusnya dipersiapkan dalam memulai sebuah usaha serta bagaiaman menggunakan media digital yang akan digunakan untuk menunjang jalanya suatu usaha; 2) Faktor yang berpengaruh dalam berwirausaha seperti pemanfaatan media digital,  barang dagang, alat-alat dagang, tempat berdagang dan modal; 3) Pelaku usaha UMKM (Penjual Pakaian) di Kecamatan Tondano Utara Kabupaten Minahasa sudah memliki karakter yang baik dan dijadikan sebagai pegangan untuk menarik minat pembeli agar mau berbelanja di toko mereka.

Kata Kunci : literasi kewirausahaan digital, pelaku UMKM

 

 

 

ASBTRACT

The aim of this research is to analyze digital entrepreneurship literacy for MSMEs in North Tondano District, Minahasa Regency. This type of research is qualitative research with a total of 5 research informants. The data analysis used is data triangulation including data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results show that the entrepreneurial literacy of actors in North Tondano District is categorized as Good. This can be seen from each indicator of entrepreneurial literacy, namely as follows: 1) Knowledge. In terms of digital entrepreneurship knowledge possessed by MSME business actors (Clothing Sellers) in North Tondano District, Minahasa Regency, they already understand well what should be prepared in starting a business and how to use digital media that will be used to support the business. business; 2) Factors that influence entrepreneurship such as the use of digital media, trading goods, trading tools, trading places and capital; 3) MSME business actors (clothing sellers) in North Tondano District, Minahasa Regency already have good character and are used as a guide to attract buyers to want to shop at their shop.

Keywords: digital entrepreneurship literacy, MSME players

References

Alfionita, F. et al. (2020). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Terhadap Perilaku Berwirausaha Mahasiswa Pelaku Usaha Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2),

Hasan, M., Santoso, I.R., Syahfitri, D.A., Amalia, Karoma, S.A.Y., & S. (2021). Literasi kewirausahaan dan literasi bisnis digital pada generasi milenial pelaku usaha: perspektif Kirzerian entrepreneur. Journal of Business Management Education, 6(1), 28–39

Kuntowicaksono. (2012). Pengaruh Pengetahuan Wirausaha Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal Of Economic Education, 1(1), 46–52

Rahadi, Dedi Rianto, & E. S. (2018). Kreatifitas Kewirausahaan Sosial Dan Menggali Ide Usaha Baru Melalui Pengolahan Kripik Tempe Lupin. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 1(1), 17–24

Astuti, D. P. (2018). Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen ditinjau DariEtika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pedagang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi Sekampung Lampung Timur) (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Hasan, Muhammad. 2018. Pembinaan Ekonomi Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Volume 1, No. 1 Januari 2018 p-ISSN: 2614-2139; eISSN: 2614-1973.

Hasan, M. (2018). Pendidikan Ekonomi Informal: Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan Pada Bisnis Keluarga?. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol, 1(2).

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW

@article{Tuwondila_2023, title={PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA GENERASI MUDA DI KECAMATAN TONDANO SELATAN KABUPATEN MINAHASA}, volume={4}, ISSN={2774-9185}, url={http://dx.doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7523}, DOI={10.53682/jpeunima.v4i2.7523}, number={2}, journal={Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi}, publisher={Universitas Negeri Manado}, author={Tuwondila, Christy Sofia and Wuisang, Jerry and Kandori, Iwan}, year={2023}, month=dec, pages={131–141} }

Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation andEntrepreneurship, 2(03), 291-314

Magfirah, M. (2019). Analisis Pendidikan Dan Pelatihan Kewirausahaan Dalam Perspektif Keterampilan Abad 21 (Studi Kasus: Dinas Koperasi Dan Ukm Sulawesi Selatan) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Misnawati, M., & Yusriadi, Y. (2018). Efektifitas Pengelolaan Kewirausahaan BerbasisKognitif Personal Melalui Penggunaan Infrastruktur Digital (Media Sosial). Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 138-145.

Mopangga, H. (2015). Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbasis Teknologi (Technopreneurship) di Provinsi Gorontalo. Trikonomika, 14(1), 13-24.

Nursito, S., & Jati, A. S. N. (2013). Analisis pengaruh interaksi pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap intensi kewirausahaan. Kiat bisnis, 5(3).

Trisnawati, N. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan dukungan sosial keluarga pada minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Pamekasan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(1), 57-71.

Widiastuti, N., & Kartika, P. (2017). Penerapan Model Kelompok Usaha Kreatif Islami (Kukis) Dalam Pemberdayaan Perempuan Berbasis Pondok Pesantren. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 20-29.

Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. P. (2016). Literasi digital pada perempuan pelaku usaha produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Aspikom, 3(1), 1-15

Sartono, Sawal. "Kewirausahaan Digital." BENEFIT 8.2 (2021): 105-113.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Sigar, I. A., Kandori, I., & Wuisang, J. (2024). ANALISIS LITERASI KEWIRAUSAHAAN DIGITAL BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN TONDANO UTARA KABUPATEN MINAHASA . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 247-255. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9841

Issue

Section

Articles