Analisis Kualitas Soal Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v1i2.1030Keywords:
Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran, Efektivitas PengecohAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalis kuliatas butir soal nbsp; buatan guru PPG pada mata pelajaran matematika ditinjau dari validitas reliabilitas daya pembeda tingkat kesukaran dan efektifitas pengecoh nbsp; Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif nbsp; Subjek dalam penelitian ini adalah tes soal buatan guru PPG mata pelajaran Matematika dan nbsp; objek penelitiannya adalah siswa kelas VII A dan VIII A SMP Negeri 2 Tondano yang terdaftar pada tahun ajaran 2019 2020 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa jenis soal pilihan ganda materi bilangan bulat terdapat 30 soal yang berkualitas baik 50 kurang baik dan 20 tidak baik pada soal uraian terdapat 40 berkualitas baik 60 kurang baik Kemudian pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel soal pilihan ganda terdapat 45 soal yang berkualitas baik 45 kurang baik dan 10 berkualitas tidak baik untuk soal uraian terdapat 20 soal berkualitas baik dan 80 berkualitas kurang baik dan soal yang termaksud dalam kategori tidak baik dapat di revisi kembali atau tidak digunakan lagi dalam evaluasi materi tersebut < p>
