Penerapan Model Problem Based Learning dan Inkuiri dalam Pembelajaran Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Tabukan Utara

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v1i2.1032

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik dari penerapan model PBL Inkuiri dan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran materi Trigonometri Riset ini diadakan di SMA Negeri 1 Tabukan Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2019 2020 Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 26 orang siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah 26 orang dan siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 24 orang Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah metode eksperimen semu Dari hasil uji ANOVA diperoleh nilai Fhitung< sub> = 6 88 sedangkan nilai Ftabel< sub> dengan taraf signifikan nbsp;= 0 05 yaitu sebesar 3 12 Nilai Fhitung < sub> gt; Ftabel< sub> yang berarti tolak H0< sub> maka ditarik simpulan ada perbedaan rata rata hasil belajar yang signifikan pada pembelajaran Trigonometri dengan penerapan model PBL Inkuiri dan model pembelajaran konvensional Selanjutnya setelah uji lanjutan dengan uji BNT diperoleh: Rata rata hasil belajar siswa dari kelas yang diterapkan model PBL tidak berbeda secara nyata dengan kelas yang diterapkan model Inkuiri Rata rata hasil belajar siswa dari kelas yang diterapkan model PBL berbeda secara nyata dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran konvensional Rata rata hasil belajar siswa dari kelas yang diterapkan model Inkuiri berbeda secara nyata dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional < p>

References

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles