Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Menggunakan Prosedur Polya
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i2.1072Keywords:
SPLDV, Tipe Kesalahan, PolyaAbstract
Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) adalah materi yang memerlukan penyelesaian dengan tingkat pemahaman dan ketelitian yang cukup tinggi. Apalagi banyak yang menganggap metematika itu sulit, sehingga ketika guru menyampaikan materi tidak bisa menangkap dan mencerna materi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menunjukan secara lebih cermat kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita materi persamaan linier dua variabel dengan panduan prosedur Polya. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Kristen Kulur dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan terdapat empat tipe kesalahan yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal MateriĀ SPLDV.