Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Bahasan Aljabar

Authors

  • Oktavia Muhati Universitas Negeri Manado
  • John R. Wenas Universitas Negeri Manado
  • Patricia V.J. Runtu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1079

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah yang ditemukan saat melaksanakan PPL II di SMP Negeri 2 Tondano setiap pembelajaran guru berlangsungnya, guru masih memakai pembelajaran yang berpusat pada guru secara langsung, hal tersebut menyebabkan siswa malas belajar matematika dan hasil belajarnya tidak maksimal. Riset ini bertujuan buat menidentifikasi penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry berbantuan aplikasi Google Meet terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosedur riset ini ialah eksperimental, dengan desain riset Randomized Subjects Posstest Only Control Group Design. Sampel diambil dari 2 kelas normal dan homogeny yakni kelompok VII A selaku kelompok Eksperimen serta VII B selaku kelompok kontrol oleh jumlah masing-masing 20 dan 21 siswa. Data penelitian dianalisis memakai uji-t dan didapatkan nilai thitung = 4.7115171135  > ttabel= 1.684875 dengan taraf nyata α = 0.05 artinya tolak H0 dan terima H1. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles