Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Berbantuan Geogebra Via Aplikasi Zoom Berbasis Direct Instruction
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1080Keywords:
Direct Instruction, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran matematika di SMPN 2 Tondano, berupa hasil belajar siswa yang belum optimal dan kendala-kendala pelaksanaan pembelajaran di masa pandemic Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hasil belajar siswa dalam pembelajaran persamaan garis lurus dengan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan Geo-Gebra via aplikasi zoom meeting. Rancangan yang digunakan pada kuasi-eksperimen ini yakni pretest-posttest-control-group design, dimana banyaknya siswa pada kelas eksperimen 22 orang dan pada kelas kontrol sebanyak 22 siswa. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t-hitung lebih dari t-tabel, sehingga disimpulkan pada taraf nyata 5 %, bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas dengan model pembelajaran langsung berbantuan GeoGebra via Aplikasi Zoom lebih dari rata-rata hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran Direct Instruction.