Kesesuaian RPP Buatan Guru Matematika SMK Anugrah Tondano dengan Pedoman Penyusunan RPP Masa Pandemi

Authors

  • Leonardo V. Pandensolang Universitas Negeri Manado
  • Jorry F. Monoarfa Universitas Negeri Manado
  • Oltje T. Sambuaga Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i2.1081

Keywords:

Kesesuaian, RPP, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis apakah RPP guru matematika di SMK Anugrah Tondano sinkron dengan pedoman pembuatan RPP dimasa pandemi. Penelitian ini mengunakan metode deskritif kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara mewawancarai guru dan menganalisis RPP kelas X, XI, XII. Berdasarkan hasil penelitian kesesuaian isi RPP dan Pedoman penyusunan RPP kurikulum 2013 ditemukan bahwa RPP yang dibuat oleh guru matematika di SMK Anugrah Tondano banyak mengandung ketidaksesuaian yaitu pada komponen perumusan indikator, pencapaian kompetensi, ketepatan dalam menggunakan kata kerja operasional. Materi ajar, sumber belajar, kejelasan/kerincian kegiatan pembelajaran, dan kelengkapan instrumen penelitian.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles