Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berkategori HOTS

Authors

  • Meydeline Wisye Boham Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1083

Keywords:

Discovery Learning, Higher Order Thinking Skills

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada masalah yang ditemukan ketika peneliti mengadakan observasi di SMP Negeri 3 Tondano dimana kemampuan peserta didik mengerjakan soal-soal matematika berkategori HOTS masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan peserta didik mengerjakan soal-soal matematika berkategori HOTS. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental, dengan desain penelitian The Nonequivalent Post-test Only Control Group Design. Sampel diambil dari 2 kelas yang normal dan homogen yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah berturut-turut 26 dan 26 siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t dan memperlihatkan bahwa nilai  = 7.180  >  =1.684 dengan taraf nyata
α = 0.05 ini berarti tolak  dan terima . Sehingga, penggunaan model Discovery Learning  dapat meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan soal-soal matematika berkategori HOTS.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles