Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Soal Matematika Berkategori HOTS
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1083Keywords:
Discovery Learning, Higher Order Thinking SkillsAbstract
Penelitian ini berdasarkan pada masalah yang ditemukan ketika peneliti mengadakan observasi di SMP Negeri 3 Tondano dimana kemampuan peserta didik mengerjakan soal soal matematika berkategori HOTS masih kurang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning< em> terhadap kemampuan peserta didik mengerjakan soal soal matematika berkategori HOTS Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian The Nonequivalent Post test Only Control Group< em> Design< em> Sampel diambil dari 2 kelas yang normal dan homogen yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah berturut turut 26 dan 26 siswa Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik uji t dan memperlihatkan bahwa nilai = 7 180 gt; =1 684 dengan taraf nyata
= 0 05 ini berarti tolak dan terima Sehingga penggunaan model Discovery Learning < em> dapat meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan soal soal matematika berkategori HOTS < p>
