Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Kristen Ranotongkor
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i2.1086Keywords:
Efektivitas, Aplikasi Zoom, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan keefektifan dari penggunaan aplikasi zoom dalam sistem pembelajaran Persamaan linear Dua Variabel. Penelitian ini jenisnya adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 23 orang peserta didik kelas VIII. Data yang tertera dalam penelitian ini diperoleh dari empat indikator penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu (1) keahlian peneliti dalam mengatur pembelajaran, (2) aktivitas peserta didik selama proses belajar mengajar, (3) respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi zoom dan (4) evaluasi hasil belajar peserta didik yang dilakukan setelah selesai pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keahlian peneliti dalam mengatur pembelajaran berada pada kategori sangat baik, aktivitas peserta didik selama proses belajar mengajar dikategorikan baik, respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi zoom termasuk dalam kategori positif dan hasil belajar siswa setelah dievaluasi tuntas secara individu tetapi tidak tuntas secara klasikal. Berdasarkan analisis data dari 4 indikator yang telah diberikan hanya 3 indikator saja yang terpenuhi yaitu (1) Kompetensi peneliti mengatur pembelajaran daring, (2) Kegiatan peserta didik selama pembelajaran daring, dan (3) Tanggapan peserta didik mengenai penggunaan aplikasi zoom. Sedangkan, untuk indikator dari hasil belajar tidak terpenuhi, hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi zoom dalam sistem persamaan linear dua variabel di SMP Kristen Ranotongkor kurang efektif.