Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Soal-Soal Matematika Tipe HOTS

Authors

  • Kristin Arbis L. G. Simamora Universitas Negeri Manado
  • Anetha L. F. Tilaar Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1139

Keywords:

Analisis, Kemampuan Literasi Matematika, Soal Tipe HOTS

Abstract

Saat siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru didapati bahwa mereka masih belum mampu mengerjakan setiap soal dengan baik, ini berhubungan dengan kemampuan literasi matematika mereka yang masih tergolong rendah. Permasalahan inilah yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari penggunaan soal matematika tipe HOTS. Pendekatan kuantitatif deskripsi adalah jenis/metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa SMAK 7 Penabur Jakarta kelas XI MIA 1. Data penelitian dianalisis menggunakan beberapa tahapan yaitu tes tertulis setelah itu dilakukan wawancara untuk mengkonfirmasi hasil tes tertulis dan diakhiri dengan pemberian skor untuk keterampilan literasi matematika siswa. Kesimpulan yang didapat dari peneltian ini yaitu kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari soal-soal matematika tipe HOTS sudah cukup baik, dilihat dari 4 aspek yang dinilai yaitu aspek pemahaman, aspek representasi, aspek analisis dan aspek komunikasi. Oleh karena itu, siswa perlu dilatih kembali agar membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika mereka, khususnya yang menggunakan soal matematika tipe HOTS.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles