Efektifitas Model CTL Berbantuan Edmodo terhadap Hasil Belajar Materi PLSV

Authors

  • Alfonsa A. V. Dien Universitas Negeri Manado
  • Santje M. Salajang Universitas Negeri Manado
  • I Wayan Damai Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.1729

Keywords:

Model CTL, Edmodo, Hasil Belajar

Abstract

Peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel setelah diterapkan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Aplikasi Edmodo. Penelitian dilakukan dengan mengadopsi metode quasi-experimental dan desain penelitiannya Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, kelas ini menggunakan model CTL dengan aplikasi Edmodo dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol, kelas ini merupakan kelas yang memakai model konvensional. Dikelas eksperimen terdapat  21 siswa dan di kelas kontrol terdapat 20 siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes dengan instrumennya berupa soal tes uraian. Sesuai hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t  untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, didapat nilai thitung = 3,0604 >  ttabel = 1.684875 ini berarti tolak H0 dan terima H1. Oleh karena itu ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar  dengan menggunakan model CTL dengan aplikasi Edmodo lebih tinggi dari  hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional materi Persamaan Linear Satu Variabel.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles