Pengaruh Minat Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmetika Sosial

Authors

  • Natalia C. Tumbel Universitas Negeri Manado
  • Vivian E. Regar Universitas Negeri Manado
  • James U.L. Mangobi Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v4i1.2162

Keywords:

Minat Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Siswa, Aritmetika Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh 1) Minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial, 2) Kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial, 3) Minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tumpaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Minat belajar memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial dengan model regresi  dan ditunjukkan dengan hasil  atau  dengan kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial sebesar 36,12%. 2) Kemampuan pemecahan masalah memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial dengan model regresi  dan ditunjukkan dengan hasil  atau  dengan kontribusi kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial sebesar 38,68%. 3) Minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial dengan model regresi  dan ditunjukkan dengan hasil  atau  dengan kontribusi minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmetika sosial sebesar 54,61%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial.

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles