Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial di SMP Kristen Tomohon

Authors

  • Andrew G. Sundah Universitas Negeri Manado
  • James U.L. Mangobi Universitas Negeri Manado
  • Murni Sulistyaningsih Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2219

Keywords:

Analisis, Kesalahan Siswa

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan beberapa prosedur analisis kesalahan. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa yang berada di kelas VII SMP Kristen Tomohon yang termasuk dalam siswa bekemampuan tinggi, sedang dan rendah. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa adalah kesalahan menuliskan informasi yang ada di dalam soal dan kesalahan menuliskan kesimpulan atau hasil akhir. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan tinggi sekalipun melakukan kesalahan yang sama dengan siswa yang memiliki kemampuan sedang dan rendah. Adapun penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada umumnya dikarenakan siswa kurang memahami materi program linear yang diberikan sebelumnya dan tidak memahami soal yang diberikan dengan baik dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles