Pengaruh Model PBL Melalui Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keliling dan Luas Segiempat
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2220Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) melalui pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa materi Keliling dan Luas Segiempat. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL). Desain penelitian yang digunakan adalah: Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Tondano sedangkan sampel yang di ambil dalam penelitian ini yaitu kelas VII A dengan jumlah 16 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 16 orang. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan kelas eksperimen rata-rata skor pretest adalah 64,56 dan skor rata-rata posttest adalah 85,93 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata pretest 60,31 dan skor rata-rata posttest adalah 81,06. Hal ini memperlihatkan bahwa selisih peningkatan skor pretest dan skor posttest pada kelas eksperimen lebih besar dari selisih peningkatan skor pretest dan skor posttest pada kelas kontrol. Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik uji-T pada taraf signifikan 0,05 yaitu sehingga ditolak dan diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.