Penerapan Model STAD Berbantuan Software Algebrator dalam Pembelajaran Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2267Keywords:
Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus, STAD, Software AlgebratorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi algebrator< em> dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan aplikasi algebrator< em> pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano Metode penelitian ini adalah tergolong metode eksperimen semu Subjek dalam penelitian ini dipilih 2 kelas secara acak dari kelas VIII B yang berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C yang berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas kontrol Data yang diambil dari penelitian ini adalah data hasil belajar siswa selisih posttest pretest Hasil analisis data menggunakan uji t< em> dengan taraf signifikan 0 05 diperoleh bahwa = 4 929 dan = 1 678 Hal ini menunjukkan bahwa gt; sehingga tolak dan terima yaitu yang artinya bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan software Algebrator< em> lebih unggul dari pada hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Algebrator< em> dalam materi persamaan garis lurus SMP Negeri 3 Tondano < p>
