Penerapan Model STAD Berbantuan Software Algebrator dalam Pembelajaran Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2267Keywords:
Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus, STAD, Software AlgebratorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi algebrator dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menggunakan aplikasi algebrator pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano. Metode penelitian ini adalah tergolong metode eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini dipilih 2 kelas secara acak dari kelas VIII B yang berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C yang berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data hasil belajar siswa (selisih posttest-pretest). Hasil analisis data menggunakan uji - t dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh bahwa = 4,929 dan = 1,678. Hal ini menunjukkan bahwa > sehingga tolak dan terima yaitu , yang artinya bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan software Algebrator lebih unggul dari pada hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa berbantuan software Algebrator dalam materi persamaan garis lurus SMP Negeri 3 Tondano.