Pembelajaran Matematika Masa Pandemi Covid-19 di SMP Tunas Harapan Burana pada Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2268Keywords:
Pembelajaran, Daring, SiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui bagaimana proses belajar matematika selama pandemi covid-19 di SMP Tunas Harapan Burana pada tahun ajaran 2020/2021, (b) Mengetahui kemudahan dalam pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19 di SMP Tunas Harapan Burana pada tahun ajaran 2020/2021, (c) Mengetahui hambatan dalam belajar matematika selama pandemi covid-19 di SMP Tunas Harapan Burana pada tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menggambarkan bahwa proses belajar matematika selama pandemi covid-19 di SMP Tunas Harapan Burana pada tahun ajaran 2020/2021 terlaksana dengan melakukan pembelajaran matematika daring. Kemudahan yang diperoleh selama pembelajaran matematika dimasa pandemi covid-19 di SMP Tunas Harapan Burana pada tahun ajaran 2020/2021 adalah guru dan siswa memperoleh banyak pengalaman dan pengetahuan baru dalam menggunakan alat-alat elektronik dan juga dalam mengoprasikan suatu aplikasi media sosial. kendala yang dialami dalam belajar matematika selama pandemi covid-19 di SMP Tunas Harapan Burana pada tahun ajaran 2020/2021 diantaranya kondisi jaringan yang ada di daerah tersebut tidak stabil, kondisi ekonomi siswa yang rendah sehingga siswa terkadang kesulitan dalam membeli kuota internet, sulit memahami materi matematika jika hanya melihat video pembelajaran saja, guru harus lebih teliti dan fokus dalam menilai siswa dan masih banyak siswa yang belum memiliki HP.