Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2412Keywords:
Analisis Kesalahan, Menyelesaikan Soal-Soal Matematika, Operasi Bentuk AljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosa kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondano dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 soal yang dikatakan dapat dijawab benar oleh siswa yaitu pada soal nomor 1,2, dan 3, soal yang dikatakan tidak dapat dijawab oleh siswa yaitu dari soal nomor 5 sampai nomor 10 serta pada soal nomor 4 terjadi banyak kesalahan. Dari keempat jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi bentuk aljabar, kesalahan yang paling sering terjadi yaitu kesalahan fakta dengan persentase untuk tingkat kesulitan rendah 75%, sedang 75,64%, tinggi 77,63%, disusul oleh kesalahan konsep dengan persentase untuk tingkat kesulitan rendah 40%, sedang 65,38%, tinggi 65,79%, setelah itu kesalahan prinsip dengan persentase untuk tingkat kesulitan rendah 5%, sedang 37,18%, tinggi 6,58%, sedangkan kesalahan terendah yang dialami siswa yaitu kesalahan operasi dengan persentase untuk tingkat kesulitan rendah 0%, sedang 23,08%, tinggi 1,32%. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu jenis kesalahan fakta dan konsep merupakan jenis kesalahan yang paling sering terjadi, untuk itu siswa masih perlu banyak berlatih soal mengenai materi operasi bentuk aljabar yang berkaitan dengan jenis kesalahan tersebut agar dapat membantu memperbaiki kesalahan yang telah terjadi.