Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.2498Keywords:
Hasil belajar, Kooperatif tipe STAD, Aritmatika SosialAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aritmatika Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotabunan. Hasil analisis data pada setiap siklus menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terlihat dari perubahan jumlah atau persentase ketuntasan. Data ketuntasan dari pra siklus ke siklus I terjadi perubahan jumlah atau persentase siswa yang tuntas, yakni dari 7 siswa (30,43%) menjadi 14 siswa (60,87%) atau terjadi kenaikan sebesar 30,44%. Perubahan ini juga terjadi dari siklus I ke siklus II, yakni dari 14 siswa (60,87%) menjadi 20 siswa (86,96%) atau terjadi kenaikan sebesar 26,09%. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar materi Aritmatika Sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotabunan. Beberapa perubahan perilaku siswa pada siklus I yang diperhatikan adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang sudah mengikuti proses pembelajaran materi Aritmatika Sosial dengan Model Kooperatif tipe STAD. Pada siklus II, beberapa perilaku yang dilihat pada siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran ternyata semua aktivitas berjalan sebagaimana yang diharapkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai 86,96%. Dengan demikian, terjadi peningkatan kehadiran, keaktifan, keberanian dan rasa percaya diri siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan selama pelaksanaan penelitian.