Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis RME pada Materi Fungsi Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2514Keywords:
Lembar Kerja, Peserta Didik, RMEAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis RME pada materi fungsi yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tondano pada kelas VIII sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Development Research) yang terdiri dari tahap Preliminary (analisis) dan prototyping stage (desain dan evaluasi formatif). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis. Kevalidan LKPD dilihat dari hasil validasi ahli yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis RME pada materi fungsi kelas VIII memenuhi kriteria valid dengan rata- rata penilaian 56 dan berada pada kategori baik. Sedangkan, kepraktisan LKPD dilihat dari presentase rata-rata respon pendidik (Guru) dan peserta didik. Hasil uji kepraktisan ini menunjukkan bahwa LKPD memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata presentase 90,90% untuk respon pendidik dan 82% untuk respon peserta didik. Berdasarkan hasil rata-rata uji validasi dan rata – rata presentase respon pendidik (guru) dan peserta didik, LKPD berbasis RME ini telah memenuhi kriteria valid dan praktis.