Hubungan Motivasi dan Kemandirian dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Katolik Rosa De Lima Tondano

Authors

  • Eka F. Br Tarigan Universitas Negeri Manado
  • Vivian E. Regar Universitas Negeri Manado
  • Selfie L. Kumesan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.2560

Keywords:

Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran matematika di SMA Katolik Rosa De Lima Tondano, berupa motivasi belajar siswa masih beragam dan kemandirian belajar siswa masih rendah dan sebagian besar prestasi belajar siswa rendah.   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  hubungan positif motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis data, motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Katolik Rosa De Lima Tondano dengan nilai thitung=2,926>ttabel=1,701, kemandirian belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar  matematika siswa SMA Katolik Rosa De Lima Tondano dengan nilai thitung=2,635>ttabel=1,701, motivasi belajar dan kemandirian belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika  siswa SMA Katolik Rosa De Lima Tondano di lihat dari Nilai Fhitung=7,469>Ftabel=3,35.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles