Analisis Kesulitan Siswa dalam Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Sinoria Gea Universitas Negeri Manado
  • Anetha L.F Tilaar Universitas Negeri Manado
  • Murni Sulistyaningsih Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.2561

Keywords:

Kesulitan Siswa, Matematika, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh solusi untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika pada pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesulitan yang sering dialami siswa pada pembelajaran daring ini yaitu sulit mengakses jaringan internet, tidak memiliki handphone/laptop sendiri, tidak memiliki kuota internet sehingga pembelajaran daring tidak bisa diikuti secara maksimal, serta siswa kurang memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan tersebut yaitu jika jaringan internet lemah, tidak memiliki handphone/laptop sendiri dan kuota internet maka siswa boleh datang ke sekolah untuk bertanya kepada guru sekaligus mengambil tugas yang diberikan, serta supaya siswa bisa memahami materi yang diberikan, guru mengirim video pembelajaran supaya didengarkan dan dipahami serta siswa boleh mencari materi di google dan bisa bertanya langsung kepada guru melalui via whatssap.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles