Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray pada Pembelajaran Prisma dan Limas

Authors

  • Therza T. Bolongkod Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado
  • Ontang Manurung Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2632

Keywords:

Hasil Belajar, TS-TS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS, terhadap hasil belajar matematika siswa, pada materi prisma dan limas. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 4 Lolayan, tahun ajaran 2018/2019, pada tanggal, 7-16 Januari 2019. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang menggunakan rancangan penelitian One–Shot Case Study (studi kasus satu tembakan). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 19 orang. Instrumen dalam penelitian, menggunakan tes uraian sebanyak 6 soal, sebagai posttest. Pengumpulan data diambil dari nilai posttest sesudah kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS. Analisis data menggunakan statistik uji parametrik, yakni uji t satu kelompok. Sebab, hasil pengujian normalitas menggunakan uji liliefors, diperoleh data menyebar normal. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf α=5% diperoleh thitung=2,3023 dan ttabel=1,7291 dimana thitung>ttabel. Sehingga, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS, efektif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Lolayan.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles