Desain Pembelajaran Peluang Menggunakan Permainan Ludo Sebagai Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik

Authors

  • Mega P. Bawonseet Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado
  • Santje M. Salajang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.2658

Keywords:

Desain Pembelajaran, PMRI, Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran Peluang melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, dengan permainan Ludo sebagai konteks pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desain yang meliputi tahap desain pendahuluan, tahap eksperimen pembelajaran, dan tahap analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas pilot experiment, dengan jumlah siswa 31 orang, dan kelas VIII-1 sebagai kelas teaching experiment dengan jumlah siswa 22 orang di SMP Negeri 1 Bitung. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik memakai permainan Ludo sebagai konteks dapat meningkatkan kemampuan bernalar siswa dalam materi Peluang, terlebih khusus Peluang Empirik dan Peluang Teoretik.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles