Penggunaan Alat Peraga Balok Pecahan dalam Pembelajaran Pecahan Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.2715Keywords:
Alat Peraga Balok Pecahan, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan alat peraga balok pecahan dalam proses pembelajaran matematika pada materi kelas VII yaitu penjumlahan dan pengurangan pada pecahan aljabar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tumpaan, tahun ajaran 2020/2021, Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 (VII). Pengambilan Sampel, digunakan Teknik random sampling. Didapatkan, Kelas VII A menjadi kelas eksperimen dan Kelas VII B menjadi kelas kontrol, jumlah Masing-masing kelas yakni 28 Siswa. Rancangan yang digunakan adalah Posttest–Only Control Group Design. Data diperoleh dari hasil Posttest siswa di kelas eksperimen dengan Rata-rata adalah 81,43 dan Rata-rata VII B yaitu 66,21. Selanjutnya, diperoleh thitung=4,8926 ˃ ttabel=1,6736. Sehingga tolak H0 dan terima H1, yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan alat peraga lebih baik, dari pada hasil belajar siswa, tanpa menggunakan alat peraga balok pecahan pada mata pelajaran matematika.