Penerapan Model Pembelajaran Game-Base Learning pada Pembelajaran Matematika Materi Peluang

Authors

  • Rivaldy P. Kembau Universitas Negeri Manado
  • Oltje T. Sambuaga Universitas Negeri Manado
  • Derel F. Kaunang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.2738

Keywords:

GBL, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran GBL dengan menggunakan metode pembelajaran langsung. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Suluun Tareran, tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari tiga kelas, dengan jumlah 41 peserta didik. Sampel yang diambil berdasarkan teknik random sampling diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest-only control design. Data hasil posttest siswa dilakukan uji persyaratan yakni uji normalitas dan uji homogenitas sebelum dilakukan uji hipotesis. Hasil analisis uji hipotesis dengan taraf nyata  diperoleh  dan , maka  yang berarti tolak, sehingga  diterima yaitu . Dengan demikian disimpulkan, bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran GBL lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran langsung.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles