Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning untuk Mengajarkan Materi Peluang
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.2757Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Pengembangan, PeluangAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengajarkan Materi Peluang, yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kategori dari jenis penelitian ini sebagai penelitian pengembangan. Sampel pada penelitian ini diambil adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Tumpaan. Banyaknya siswa yang diteliti adalah 28 siswa. Dalam penelitian ini yang dikembangkan adalah RPP, LKS, dan THB dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi peluang. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran layak digunakan berdasarkan penilaian perangkat pembelajaran oleh validator dengan skor rata-rata 3,5 dengan kriteria valid. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari angket respon siswa yang menunjukan skor sebesar 36 yang termasuk pada kriteria praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang menunjukan ketuntasan belajar siswa di atas 70 sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran