Penerapan Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dalam Pembelajaran Matematika Materi Segi Empat
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.2768Keywords:
Group Investigation, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran melalui model kooperatif tipe GI. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri 2 kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran diperoleh dari posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rerata (uji-t) pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung=2,704 >ttabel=t0,05;48=2,100. Hal ini berarti, bahwa nilai hasil statistik uji-t tersebut jatuh dalam wilayah kritik atau dengan kata lain H0 ditolak, sehingga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran tipe GI. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 6 Tondano khususnya pada materi Segi Empat.