Pembelajaran Blended Learning pada Materi Koordinat Kartesius Berbantuan Geogebra Classroom

Authors

  • Wa Ode Sufriani Universitas Negeri Manado
  • Victor R. Sulangi Universitas Negeri Manado
  • Patricia V. J. Runtu

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.4116

Keywords:

Blended Learning, Geogebra Classroom, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning pada materi koordinat kartesius berbantuan geogebra classroom terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Manado. Peneliti memakai desain posttest only control group design. Subjek yang diteliti yakni kelas VIII5 berperan menjadi kelas eksperimen dengan meliputi 17 peserta didik serta kelas VIII6 sebagai kelas kontrol dengan meliputi 17 peserta didik pada SMP Negeri 5 Manado. Perolehan datanya yakni berdasarkan posttest dalam kelas eksperimen serta kelas kontrol. Rerata hasil belajar kelas eksperimen yakni 85,29 serta rerata hasil belajar kelas kontrol 77,35. Uji normalitas data terpenuhi sehingga data- data tersebut berdistribusi normal. Dari uji hipotesis melalui statistik uji t didapatkan thitung =2,063 > ttabel = 1,694 dengan taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran blended learning berbantuan geogebra classroom pada materi koordinat kartesius lebih tinggi di bandingkan dengan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran konvesional.

                                                                                                                                                                                                                                 

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles