Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 3 Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.4117Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Aritmatika SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil rata rata belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning< em> dan model Pembelajaran Langsung pada materi Aritmatika Sosial Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Tomohon semester genap tahun ajaran 2021 2022 yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas VII 2 model pembelajaran Problem Based Learning< em> serta satu kelas kontrol yaitu kelas VII 4 model Pembelajaran Langsung Data diambil dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes setelah diberikan perlakuan Hasil post test< em> pada kelas eksperimen dengan hasil x 1< sub> = 84 55 dan hasil post test< em> pada kelas kontrol dengan hasil x 2< sub> = 72 58 Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t untuk taraf nyata 0 05 menunjukan nilai thitung< sub> = 2 935 gt; ttabel< sub> = 1 688 yang berarti H0< sub> ditolak Dengan demikian disimpulkan rata rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning< em> masih lebih baik dibandingkan dengan model Pembelajaran Langsung dalam penerapan pada materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 3 Tomohon < p>
