Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi SPLDV di SMP Negeri 2 Langowan
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v4i1.4772Keywords:
Model Blended Learning, Sistem Persamaan Linear Dua VariabelAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan yang dilakukan selama PPL 2 di SMP Negeri 2 Langowan dimana akibat pandemi covid 19 menyebabkan kurangnnya tatap muka sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menurun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model blended learning< em> dan pembelajaran konvensional pada materi SPLDV Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment Design< em> Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Langowan dengan jumlah 82 siswa Sampel yang digunakan diambil dari 2 kelas yang normal dan homogen yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas control sebanyak 25 siswa Data hasil penelitian dihitung menggunakan microsoft excel< em> dengan uji t dan menunjukan bahwa nilai thitung< sub> = 6 963072781 gt; ttabel< sub> = 2 008559072 dengan taraf nyata = 0 05 ini berarti H0< sub> ditolak Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning < em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pokok SPLDV di SMP Negeri 2 Langowan < p>
