Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Advent Parepei

Authors

  • Virginia V. Mumek Universitas Negeri Manado
  • Philotheus E.A. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Jorry F. Monoarfa Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v1i1.643

Keywords:

Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa di SMP Advent Parepei. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Advent Parepei dan sampel yang diambil berjumlah 20 siswa Berdasarkan analisis data, kecerdasan emosioanal siswa yang diukur dengan angket diperoleh nilai rata-rata 127 dengan simpangan baku 12.997. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 75 dan simpangan baku 9.047. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 1.986887 dan ttabel sebesar 1.734. Nilai thitung lebih dari ttabel, Hal ini mengandung arti bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa di SMP Advent Parepei.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles