Hasil Belajar Siswa Yang Belajar Menggunakan Model PBL, TPS, dan DI Pada Materi Aritmatika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v1i1.644Keywords:
PBL, TPS, DIAbstract
Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL, model pembelajaran TPS dan model pembelajaran DI pada materi aritmatika sosial. Subjek Penelitian ialah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Manado semester genap tahun ajaran 2019/2020 terdiri dari dua kelas ekseperimen yaitu kelas VII2 28 siswa siswa digunakan model pembelajaran TPS dan VII4 27 siswa digunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol VII8 28 siswa digunakan model DI. Penelitian menggunakan rancangan percobaan yaitu analisis varians satu arah. Didapati hasil uji statistik ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran TPS, model pembelajaran PBL dan model pembelajaran DI di SMP Negeri 10 Manado pada materi aritmatika sosial.