Efektivitas Metode Guided Noted Taking GNT terhadap Pembelajaran Matematika pada Peserta didik Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Miftahul Jannah Manado State University image/svg+xml
  • Nurdin Rahim STKIP Muhammadiyah Kalabahi
  • Baharuddin Baharuddin State University of Makassar image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v4i2.8452

Keywords:

Metode Pembelajaran, Guided Note Taking, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode guided note taking< em> GNT terhadap pembelajaran matematika materi aljabar di kelas VIII 7 pada peserta didik SMPN 12 Makassar Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol Desain penelitian menggunakan One Group Pretest and Posttest Design< em> dengan sampel sebanyak 32 peserta didik kelas VIII 7 Tes hasil belajar lembar observasi aktivitas dan angket respon peserta didik merupakan instrumen dalam penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata rata tes hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode GNT dengan rata rata nilai gain yaitu 0 69 Dari hasil tes tersebut diperoleh 29 peserta didik telah mencapai ketuntasan individu ini berarti ketuntasan klasikal telah tercapai Rata rata persentase aktivitas peserta didik adalah 83 37 dan respon positif peserta didik terhadap penerapan metode GNT adalah 86 25 Dari hasil penelitian indikator keefektifan yakni hasil belajar aktivitas dan respon peserta didik telah tercapai Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode GNT efektif dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 12 Makassar < p>

References

Downloads

Published

2024-10-03

Issue

Section

Articles