Study of the Application of Problem-Based Learning in Mathematical Statistics Lectures on Students' Concept Understanding

Authors

  • Vivian E. Regar Universitas Negeri Manado
  • Johanis C. F. Repi

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v4i2.8515

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemahaman Konsep, Statistika Matematika

Abstract

Kemampuan memahami konsep merupakan kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh mahasiswa agar dapat lebih memahami materi yang diajarkan. Dalam mempelajari statistika matematika, siswa dituntut untuk mampu menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mampu memecahkan masalah. Pendekatan pembelajaran yang menggunakan permasalahan dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk mempelajari berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi pelajaran adalah pembelajaran berbasis masalah (PBL). PBL digunakan untuk merangsang pemikiran tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata kuliah Statistika Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Jurusan Matematika semester 4 tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa dalam memahami materi Statistika Matematika yang diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan perhitungan interpretasi skor terhadap respon siswa terlihat bahwa respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis masalah adalah sebesar 86,16%. Begitu pula dengan rata-rata persentase aktivitas mahasiswa aktif dalam perkuliahan sebesar 84,37%. Dengan demikian, hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dalam proses perkuliahan dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa dalam memahami konsep materi statistika matematika.

Downloads

Published

2024-10-03

Issue

Section

Articles