Development Learning Design of Linear Inequality of Two Variables with GeoGebra Classroom Assisted Discovery Learning Model

Authors

  • Derel F. Kaunang Universitas Negeri Manado
  • Victor R. Sulangi Universitas Negeri Manado
  • Milytia C. Kamu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v4i2.8616

Keywords:

Pengembangan Desain, Model Discovery Learning, Kelas GeoGebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran pertidaksamaan linier dua variabel dengan model pembelajaran kelas Discovery Learning GeoGebra yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan metode Educational Design Research (EDR). Tahapan yang dilakukan meliputi tahap analisis, tahap perancangan, tahap evaluasi, tahap pematangan intervensi dan tahap implementasi. Hasil validasi menunjukkan rata-rata nilai total validasi RPP sebesar 96,4%, rata-rata nilai total validasi Lembar Kinerja Siswa sebesar 93,2%, rata-rata nilai total validasi THB sebesar 95% dengan kategori sangat baik sehingga memenuhi valid kriteria. Hasil angket respon siswa >80% berada pada kategori baik, sehingga produk desain pembelajaran yang dikembangkan dapat dijelaskan secara praktis. Hasil belajar siswa yang menggunakan desain pembelajaran yang dikembangkan dijelaskan secara efektif karena lebih terlihat dibandingkan siswa yang tidak menggunakan desain pembelajaran yang dikembangkan, hal ini ditunjukkan dari hasil uji normalitas dan uji T dengan menggunakan SPSS. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Downloads

Published

2024-10-03

Issue

Section

Articles