Meningkatkan Hasil Belajar Anak dalam Berhitung Bilangan 1-10 pada Kelompok A, TK Amzar Molinow

Authors

  • Hasnawati Paputungan Universitas Negeri Manado
  • Rosiah Pulukadang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v4i2.8645

Keywords:

Hasil Belajar Anak, Berhitung, Konsep Bilangan, Media Gambar Buah Apel

Abstract

Penguasaan materi bilangan di Taman Kanak-Kanak Kelompok A cenderung masih sangat kurang. Anak-anak pada kelompok ini cenderung masih menghafal dan belum memahami konsep dasar bilangan dan konsep dasar berhitung. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih monoton dan kurang menggunakan variasi media. Anak-anak menjadi kurang termotivasi dalam belajar dan mengakibatkan belum optimalnya hasil belajar anak dalam materi mengenal dan menghitung bilangan 1- 10. Masalah ini juga menjadi salah satu yang sering dihadapi oleh anak kelompok A di TK Amzar Molinow. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar anak dalam mengenal konsep dasar bilangan dan berhitung. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki dua siklus dengan masing-masing siklus yang terdiri dari empat tahapan. Tahapan tersebut secara berturut-turut adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dalam studi ini adalah 10 anak di Kelompok A, TK Amzar Molinow.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis tersebut ditemukan bahwa penggunaan media gambar buah apel dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar anak dalam mengenal konsep bilangan di TK Amzar Molinow. Oleh karena itu, studi ini menyarankan kepada guru TK, dalam meningkatkan hasil belajar anak dapat menggunakan media gambar buah apel sebagai alternatif metode pembelajaran pengenalan bilangan 1-10 di kelas.

Downloads

Published

2024-10-03

Issue

Section

Articles