Penerapan Simulasi Peer Teaching berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar

Authors

  • Rosauli N. Samosir Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu
  • Miftahul Jannah
  • Nita Anggriani

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i2.9172

Keywords:

Keterampilan Dasar Mengajar, Lesson Study, Simulasi Peer Teaching

Abstract

Keterampilan dasar mengajar merupakan kemampuan yang harus dimiliki dan diterapkan setiap guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya agar dapat mengajar dengan efektif, efisien dan profesional. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar adalah dengan menerapkan simulasi Peer Teaching berbasis Lesson Study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan dasar mengajar mahasiswa setelah Simulasi Peer Teaching berbasis Lesson Study diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method, dengan desain penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V (lima) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Manado (Unima) Tahun Akademik 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan simulasi Peer Teaching berbasis Lesson Study dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Matematika Unima Tahun Akademik 2023/2024 dari persentase keberhasilan pada siklus I sebesar 80% menjadi 90% pada siklus II. Rata-rata keterampilan dasar mengajar mahasiswa juga mengalami kenaikan, dari nilai 72,7 menjadi 78,5 dengan kategori baik. Diharapkan simulasi Peer Teaching berbasis Lesson Study dapat menjadi alternatif bagi para pendidik atau lembaga pendidikan tinggi dalam meningkatkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru. Serta, temuan mengenai kendala yang dihadapi mahasiswa selama simulasi mengajar ini dapat dijadikan pembelajaran berharga bagi mahasiswa.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles