STUDI KASUS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA ANAK TUNARUNGU SLB X KOTA MALANG
Keywords:
problem kemampuan membaca, anak tunarunguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar membaca anak tunarungu,dan mengetahui permasalahan dalam membaca pemahaman anak tunarungu kelas VII di SLB X Kota Malang. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengunakan jenis pengumpulan data dengan cara observasi, wawancaradanstudidokumentasi. Analisis yang digunakanadalahmenurut Milles and Huberman. Berdasarkan hasil di lapanganmenunjukan bahwa siswa tunarungu memiliki permasalahan dalam membaca pemahaman dalam tiga kategori, yaitu: (1) kesulitan memahami kata berimbuhan (2) kesulitan memahami suatu makna dari kalimat (3) kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Permasalahan membaca pemahaman tersebut, berdasarkan hasil pembahasan, disebabkan pada rendahnya pemahaman tunarungu tentang makna bahasa dan kurangnya guru dalam mengembangkan media. Saran bagitunarunguadalahseriingmempelajarikalimatlangsungdenganbantuan guru