Inovasi Melalui Aplikasi E-Avis dalam Pelayanan SIM pada Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) Colombo Surabaya yang Memudahkan Masyarakat

Authors

  • Laili Audrey Maharani UPN Veteran Jawa Timur
  • Kalvin Edo Wahyudi UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10029

Keywords:

Inovasi, SIM, E-AVIS

Abstract

Salah satu faktor utama yang menyebabkan banyak orang meninggal di seluruh dunia adalah kejadian kecelakaan saat berada di jalan. Hal yang dapat dilakukan untuk menghindari hal tersebut adalah mengutamakan keselamatan pribadi dengan mengikuti dan mengurus Surat Izin Mengemudi sebagai tanda bahwa layak untuk berkendara. SATPAS Colombo sebagai salah satu lokasi pelayanan pembuatan surat izin mengemudi di Indonesia. SATPAS Colombo menerapkan inovasi layanan pembuatan Surat Izin mengemudi melalui aplikasi E-AVIS guna memudahkan masyarakat dalam membuat dan ujian teori SIM. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif juga membantu untuk mendapatkan penjelasan yang lebih dalam mengenai suatu fenomena. Inovasi aplikasi E-AVIS dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi di SATPAS Colombo diukur berdasarkan atribut inovasi, maka didapatkan hasil kesimpulan yaitu adanya aplikasi E-AVIS telah memiliki keunggulan, dimana dalam aplikasi tersebut memudahkan pemohon SIM dalam melakukan pendaftaran dan ujian teori SIM menggunakan sistem aplikasi dan data yang diperoleh dengan valid dan akurat. Dalam aplikasi E-AVIS pendaftaran SIM dan ujian SIM dapat dilakukan kapan dan dimanapun. Para petugas lebih dimudahkan untuk melakukan pendaftaran dan ujian teori tersebut dikarenakan aplikasi sudah terhubung oleh pusat dengan adanya sistem face recognize. Aplikasi E-AVIS terbukti telah memberikan keuntungan dan dampak positif bagi masyarakat khususnya petugas SIM dan pemohon SIM yang bertugas melakukan pendaftaran dan ujian SIM tidak wajib datang ke SATPAS Colombo Surabaya dalam penerapan aplikasi E-AVIS tetap harus dilakukan peningkatan dalam sistem dan pemeliharaan server yang lebih maksimal lagi, agar menghindari kasus yang sama seperti saat pertama kali diluncurkan dengan permasalahan error. Penyebab tersebut dari banyaknya pendata mengakses secara seksama diwaktu yang sama, maka perlunya mempertahankan dan memelihara aplikasi E-AVIS tersebut dengan evaluasi dan perhatian secara berkala.

References

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (1992). https://peraturan.bpk.go.id/Details/46607/uu-no-14-tahun-1992

Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 73–85.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Alfabeta.

Miles, Matthew. B., Huberman, A. Michael., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third). SAGE Publications.

Suwarno. (2008). INOVASI DI SEKTOR PUBLIK. STIA-LAN Press.

Published

2024-12-27

How to Cite

Maharani, L. A. ., & Wahyudi, K. E. . (2024). Inovasi Melalui Aplikasi E-Avis dalam Pelayanan SIM pada Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) Colombo Surabaya yang Memudahkan Masyarakat . JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 697-706. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10029