Implementasi Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya

Authors

  • Farrah Ayu Rashida Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Lukman Arif Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10224

Keywords:

Implementasi Program, Identitas Kependudukan Digital, Pelayanan Publik

Abstract

KTP-el merupakan inovasi dari KTP lama yang masih bersifat konvensional, diciptakannya KTP-el bertujuan unuk pengoptimalan pencatatan administrasi kependudukan yang dilatar belakangi oleh banyaknya kasus penggandaan KTP untuk kepentingan yang merugikan negara dan keluhan lain yang sering terdengar dari masyarakat adalah lambatnya proses pembuatan KTP yang mengalami ketidaksesuaian dengan target waktu pelayanan yang ditetapkan. Disamping itu, dalam kurun waktu 4 tahun di perkotaan maupun perdesaan Indonesia mengalami kenaikan angka presentase dalam perkembangan akses internet yang berdampak pada semua bidang termasuk pelayanan publik yang dalam konteks penelitian ini adalah pada bidang administrasi kependudukan. Sehingga Kementerian Dalam Negeri perlu melakukan reformasi digital demi pelayanan yang efektif serta efisien yakni dengan menyelenggarakan program Identitas Kependudukan Digital (IKD) di seluruh Indonesia termasuk Kota Surabaya dengan menetapkan target aktivasi sebanyak 25% dari angka Wajib KTP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa program Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya dikatakan baik dan sesuai dengan tujuannya yakni telahmembantu masyarakat dalam mempercepat dan mempermudah kepengurusan administrasi kependudukan serta meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan bagi penduduk.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ahmad, Mahsyar, A., & Parawangi, A. (2021). Implementasi Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) Di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepulauan Selayar. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 7(1), 114–124. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/kolaborasi

Arif, L., Azmi, A., Musaddad, Ahzani, F., & Susilowati, M. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidorjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Trnsformation, 1(6), 206–213.

Asmarianti, A., & Nafiah. D, M. I. (2023). Perancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Kantor Kelurahan Maccini Sombala Kota Makassar. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(1), 89–106. https://doi.org/10.33509/admit.v1i1.1964

Bahri, S., Sujanto, B., & Madhakomala. (2020). Model Implementasi Progam Lembaga Penjaminan Mutu. In R. Hartono (Ed.), Model Implementasi Progam Lembaga Penjaminan Mutu. Widina Bhakti Persada Bandung.

Bazarah, J., Jubaidi, A., & Hubaib, F. (2021). KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia). Dedikasi, 22(2), 105. https://doi.org/10.31293/ddk.v22i2.5860

Desrinelti, D., Afifah, M., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Publik: Konsep Pelaksanaan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 83.

Dewi, D. S. K. (2022). Buku Ajar Kebijakan Publik. Proses, Implementasi Dan Evaluasi. In UM Jakarta Press. Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Dwiyanto, A. (2003). Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan.

Fadhil, M. R. Z., & Astuti, S. J. W. (2024). Efektivitas Program Kartu Pra-Kerja Di Kota Surabaya. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 4(1), 37–48. https://doi.org/10.38156/jisp.v4i1.225

Fathony, M. R., Muradi, & Sagita, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 9(2), 118–130. https://doi.org/10.34010/agregasi.v9i2.5581

Fitriawan, R. A., Kurnia, D., Putra, S., & Nugroho, C. (2017). Analisis Komunikasi Birokrasi Atas Kualitas Layanan Publik Di Wilayah Administrasi Kabupaten Bandung. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 5(1), 59–82.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed.). Pustaka Ilmu.

Hertati, D., & Arif, L. (2018). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Dana Desa di Desa Pejambon Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Journal of Economics, Business, and Government Challenges, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.33005/ebgc.v1i1.8

Ismail, & Ismail, M. (2022). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut. Registratie, 4(April), 22–31.

Jusliati, J., Adys, K., & Nasrulhaq, N. (2018). Pelaksanaan Program Keluarga Berencana (KB) Di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.26618/kjap.v4i1.1426

Kholis, M., & Jalaluddin, J. (2018). Manajemen Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jambi dalam Peningkatan Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Agama Islam. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 18(2), 89–110. https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i2.43

Kristian, I. (2023). Kebijakan Publik dan Tantangan Implementasi Di Indonesia. Jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial, 21(2), 88–98. http://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/article/view/7

Mansur, J. (2021). Implementasi Konsep Pelaksanaan Kebijakan Dalam Publik. AT-TAWASSUTH:Jurnal Ekonomi Islam, VI(II), 324–334.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.

Muktamar, A., Agusnawati, R., Maulana, M., & Awal, J. (2023). Pengambilan Keputusan Dan Perencanaan Kbijakan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 1125–1135. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad

Mulyanto Angkat, K., Kadir, A., & Isnaini, I. (2017). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 7(1), 33–48. https://doi.org/10.31289/jap.v7i1.1260

Muriany, T., & Ruhunlela, V. (2021). Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik di Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 2(1), 1–20. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v2.i1.p1-20

Nur Fitriyah, A., & Arif, L. (2023). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Medokan Ayu Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(3), 772–784.

Pramono, J. (2020). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. In Kebijakan Publik.

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(01), 1–12. https://doi.org/10.1109/ICMENS.2005.96

Sasoko, D. M. (2022). Pentingnya Perencanaan Dalam Upaya Pencapaian Tujuan Yang Efektif Dan Efisien. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 21(2).

Sirajuddin, I. A. (2014). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Publik Dasar Bidang Sosial Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.26858/jiap.v4i1.1817

Subianto, A. (2020). Kebijakan Publik (Pertama). Brilliant.

Sudianing, N. K. (2020). Fungsi Perencanaan Pembangunan Partisipatif Dalam Meningkatkan Kinerja Kebijakan Publik Di Bidang Pembangunan Daerah. Locus Majalah Ilmiah FISIP, 12(1).

Sumaryadi, I. N. (2016). Reformasi Birokrasi Pemerintahaan: Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Penerbit Ghalia Indonesia.

Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik (D. Mariana & C. Paskarina (eds.)).

Utami, I. S. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program RASKIN Di Desa Manyarejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 1(1). https://doi.org/10.32630/sukowati.v1i1.1

Widibudiarti, L. S., & Hartono, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-KTP Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(12), 128–126.

Wiranda, A., & Purba, J. W. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Analisa Jabatan (ANJAB) Yang Tepat Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Dinas Pariwisata Kota Pematangsiantar. Manajemen : Jurnal Ekonomi USI, 2(1), 1–23.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Gabungan. PRENADAMEDIA GROUP.

Published

2024-12-27

How to Cite

Rashida, F. A., & Arif, L. . (2024). Implementasi Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kecamatan Asemrowo Kota Surabaya . JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 644-657. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10224