Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Personalized Learning pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10270Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Personalized Learning, Merdeka Belajar Kampus MerdekaAbstract
Personalized learning sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Merdeka belajar dan personalized learning memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan kebebasan kepada pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mendeskripsikan pentingnya pernggunaan personalized learning dalam pembelajaran PAI dan mencari tahu hubungan natara merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dengan buku, urnal dan artikel yang berhubungan dengan Pendidikan Islam, merdeka belajar kampus merdeka, personalized learning dan Pendidikan Agama Islam sebagai sumber informasi. Hasil dari penelitian ini adalah, dengan begitu banyaknya komponen yang harus dipelajarai dalam PAI menjadikan tidak banyak peserta didik yang mampu menguasai semua komponen tersebut, sehingga kemampuan mereka tida meningkat, oleh karena itu penerapan personalized learning dalam pembelajaran PAI sangat diperlukan, karena dengan penggunaan metode ini, peserta didik dapat memfokuskan pengetahuan mereka pada bidang studi yang mereka minati, sehingga memungkinkan mereka untuk dapat bersaing dengan lulusan dari jurusan yang lain yang mempelajari salah satu bidang PAI secara spesifik
References
Ambarwati, Dewi, Udik Budi Wibowo, Hana Arsyiadanti, and Sri Susanti, ‘Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8.2 (2022), 173–84 <https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560>
Amiruddin Abdullah, Pembelajaran Akidah Akhlak, Journal of Chemical Information and Modeling, 2013, LIII
Christian, Lay, ‘Implementasi Personalized Learning: Meningkatkan Efektivitas Pembelaharan Individual’, Binus University: SCHOOL OF INFORMATION SYSTEM, 2024
Fachruddin, Fuad, ‘Guru Dan Personalized Learning’, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022
Fallent, Agriantika, ‘Personalized Learning Dan Relevansinya Dengan Merdeka Belajar’, GuruBelajar.ID, 2022
Farhan, Akhmad, ‘Inovasi Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah Di Indonesia’, Matra Pembaruan, 7.2 (2023), 111–23 <https://doi.org/10.21787/mp.7.2.2023.111-123>
Fitriyani, Tatik, and Iman Saifullah, ‘Analisis Kurikulum Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah’, Jurnal Pendidikan UNIGA, 14.2 (2020), 355 <https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1003>
Gusdini, Ninin, Bernard Hasibuan, and Iman Basriman, ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan’, Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22.2 (2022), 141 <https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i2.11574>
Hasanah, Uswatun, ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Tantangan Dan Prospek Kedepan’, Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 2.1 (2022), 26–40 <https://doi.org/10.58573/tafahus.v2i1.15>
Imawan, Dzulkifli Hadi, Pendidikan Agama Islam, UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (Yogyakarta, 2020), II
Masruri, M. Hadi, ‘Mendesain Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Multikultural Di Perguruan Tinggi’, J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6.1 (2019), 57–67 <https://doi.org/10.18860/jpai.v6i1.8981>
Muchith, M. Saekan, ‘Guru PAI Yang Profesional’, Quality, 4.2 (2016), 217–35
Mufdalifah, ‘PERSONALIZED LEARNING DAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER MASIH PERLUKAH GURU ? Mufdalifah SMAN 2 Sampang JL . Mangkubumi 36 Sampang , Madura Jawa Timur 69215 PERSONALIZED LEARNING AND MULTIMEDIA BASED ON COMPUTER IS TEACHERSTILL NEEDED ? Multimedia’, Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1.1 (2014), 50–57
Parnawi, Afi, ‘Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa’, Fenomena, 10.1 (2018), 27–40 <https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1180>
Pratiwi, Meidiani Elsandra, Kunto Imbar, and Dewi S. Prawiradilaga, ‘Pemanfaatan Prinsip Personalisasi Belajar Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Designing E- Learning’, Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5.1 (2022), 56–62 <https://doi.org/10.21009/jpi.051.07>
Rizqillah, Masykur Mohammad, ‘Metodologi Pembelajaran Fiqih’, Jurnal Al-Makrifat, 4.2 (2019), 31–44
Setyo, Dedy, ‘Personalisasi Belajar: Apa Dan Bagaimana’, Katalisator, 2023
Shemshack, Atikah, and Jonathan Michael Spector, ‘A Systematic Literature Review of Personalized Learning Terms’, Smart Learning Environments, 7.1 (2020) <https://doi.org/10.1186/s40561-020-00140-9>
Sritama, Wayan, ‘Konsep Dasar Dan Teori Pendidikan Agama Islam’, Inovatif, 5.1 (2019), 132–46
Sudaryanto, Sudaryanto, Wahyu Widayati, and Risza Amalia, ‘Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Bahasa (Dan Sastra) Indonesia’, Kode: Jurnal Bahasa, 9.2 (2020), 78–93 <https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379>
Susiloningsih, Wahyu, ‘PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR “ KAJIAN ANALITIS DALAM PRESPEKTIF FILSAFAT ”’, Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20.1 (2020)
Suteja, Jaja, ‘Kampus Merdeka : Merdeka Belajar’, Pasundan, Universitas, June, 2020 <https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about>
Suwarno, Yogi, ‘Inovasi Disektor Publik’, STIA LAN, December 2016, 2016, 1–38 https://www.researchgate.net/publication/327289042_Bab_I_Mengenal_Inovasi>
Widyaningrum, Retno, Diana Ariani, Muhammad Japar, and Sofian Rizal, ‘Personalisasi Belajar Guru SD Pada Buku Berjudul Media Sederhana Dalam Pembelajaran’, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7.2 (2024), 068 <https://doi.org/10.17977/um038v7i22024p068>
Zalsabella P, Difa, Eka Ulfatul C, and Moh Kamal, ‘Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Dan Moral Anak Di Masa Pandemi’, Journal of Islamic Education, 9.1 (2023), 43–63 <https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22808>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.