Pengaruh Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10290Keywords:
Industrial Work Practice (PRAKERIN), Work ReadlinessAbstract
Studi ini tujuannya guna menganalis pengaruh PRAKERIN pada kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMKN 6 Makassar. Studi ini melibatkan 65 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dilaksanakan memakai analisis deskriptif persentase, uji instrumen, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS v. 29. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan persentase kesiapan kerja yakni 89,25% dalam kategori sangat baik, dan variabel PRAKERIN yakni 88,94% juga dalam kategori sangat baik. Analisis regresi linear sederhana menghasilkan persamaan Y = 31.960 + 0,561X, yang memperlihatkan setiap peningkatan PRAKERIN yakni satu satuan meningkatkan kesiapan kerja yakni 0,561. Korelasi person product moment memperlihatkan koefisien 0,471, yang berarti hubungan antara PRAKERIN dan kesiapan kerja cukup kuat. PRAKERIN memberikan pengaruh positif yakni 22,2% pada kesiapan kerja, sedangkan 77,8% terpengaruh faktor lain. Uji-t memperlihatkan nilai signifikansi <0,001, mendukung hipotesis PRAKERIN berdampak positif pada kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Akuntansi di SMKN 6 Makassar.
References
Badan Pusat Statistik. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka Sesuai Tingkat Pendidikan 2019-2021. Dipetik 14 September 2022, dari https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-sesuai-tingkat-pendidikan.html
Bukit, M. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Fitriyanto, A. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dinamika Cipta.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ginanjar, P., A. (2017). Pengaruh Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), Self Efficacy dan Kompetensi Keahlian pada Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi se-Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Sarjana. Semarang: Universitas Negeri Semarang. (Tidak diterbitkan).
Hamalik, O. (2005). Pengembangan SDM Pelatihan Ketenagakerjaan Pendidikan Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasdik, A.R. (2017). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri pada Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMKN 4 Makassar. Skripsi Program Sarjana. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar.
Kardimin, A. (2004). Strategi Melamar Kerja dan Bimbingan Karier. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kuswana, Wowo Sunaryo. (2013). Dasar-dasar Pendidikan Vokasi dan kejuruan. Bandung: CV. Alfabeta
Makki, B.I., dkk. (2015). The Relationship between Work Readliness Skils, Career Self-efficacy and Career Exploration among Engineering Graduates: A Proposed Framework. Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology, 10 (9), 1007-1011.
Mutoharoh, A.K. & Rahmaningtyas, W. (2019). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Lingkungan Keluarga, Bimbingan Karier Dan Motivasi Kerja Pada Kesiapan Kerja. Jurnal Manajemen dan Bisnis, XII (1), 38-59. http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v12i1
Permendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik.
Rahmawati, U. & Patrikha, F. D. (2022). Pengaruh Hasil Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Kesiapan Kerja Siswa (Studi pada Siswa Kelas XII Jurusan BDPM SMKN 1 Surabaya). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (3), 1662-1672. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4935.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Novita & Armida. (2022). Pengaruh Pengalaman Praktek Kerja Industri dan Motivasi Kerja pada Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Ecogen., 5 (1), 70-81. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v5i1.12759.
Sholihah, N. H. & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Kejuruan Akuntansi dan Kematangan Vokasional Pada Kesiapan Kerja Melalui Intervening Selfefficacy. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19 (2), 1-19. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.39310
Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor yang Pengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, R.E. & Santoso, J.T.B. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Pada Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK. Business and Education Journal, 1 (1),147-155. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41448.
Winkel, W.S. & Hastuti. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yanto, A. F. (2006). Ketidak Siapan Memasuki Duia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dinamika Cipta.
Yudiaatmaja, F. (2013). Analisis Regresi dengan Memakai Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.