Efektivitas Insight Instagram Sebagai Sarana Endorsement Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta

Authors

  • Nira Sofie Dirgantari Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Hans Hermang Mintana Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10410

Keywords:

Endorsement, Instagram, Media Sosial, Mahasiswa

Abstract

Penting untuk diakui bahwa penggunaan Instagram dalam konteks keuangan belum sepenuhnya dieksplorasi dan dipahami, terkhusus dalam meningkatkan finansial tambahan di kalangan remaja khususnya pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan di penelitian ini yaitu mengacu pada model analisis data Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa Instagram merupakan platform media sosial yang secara signifikan berkontribusi mahasiswa dalam mendapatkan keuntungan melaui endorsement. Dari data yang diperoleh, dapat dilihat bahwa mahasiswa yang aktif bermain Instagram mampu menghasilkan pendapatan melalui endorse yang berpengaruh positif terhadap kondisi finansial mereka. Keuntungan secara personal mengenai endorsement di Instagram pada mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta rata – rata berhasil meningkatkan pendapatan dan uang jajan tambahan. Penelitian ini memberikan gambaran jelas tentang peran Instagram dalam meningkatkan pendapatan pada mahasiswa, tetapi juga menekankan seberapa pentingnya strategi yang digunakan untuk mencapai hasil yang optimal. Penggunaan Instagram untuk endorse juga telah meningkatkan pemasaran digital dan personal branding pada mahasiswa, mereka belajar untuk membuat konten yang menarik, tidak hanya meningkatkan interaksi audiens tetapi juga daya tarik produk yang dipromosikan.

References

Afandi, Samudra, J. P., Sherley, Veren, & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. KOMUNIKOLOGI, 16.

Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS PADA INSTAGRAM DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMASARAN. Interaksi , 2.

Apryanto, F. (2022). PERAN GENERASI MUDA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. Media Husada Journal of Community Service, 131.

Beautynesia. (2018, 02 05). Endorse Artis VS Endorse Selebgram, Mana yang Lebih Menguntungkan? Berikut Ulasannya! Retrieved 06 20, 2024, from Beautynesia: https://www.beautynesia.id/life/endorse-artis-vs-endorse-selebgram-mana-yang-lebih-menguntungkan-berikut-ulasannya/b-90442

Dewi, E. K., & Ayu , C. N. (2022). FENOMENA ENDORSEMENT SEBAGAI TREN MEDIA PEMASARAN DIGITAL DI INDONESIA. Nusantara Hasana Journal, 154.

Firdayanti, A., Putri, D. A., Risuandi, D., & Ramadhini, R. N. (2022). Pengaruh Promosi Sosial Media dan Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Exclusive Matte Lip Cream Pada Wardah. JMPIS, 193 - 196.

Gracela, A., Cerlita, V. N., & Zulfannullah. (2022). Pengaruh Insight Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Produk Online. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 2509.

Hamdi, K., Yadewani, D., & Wijaya, R. (2021). Media Sosial Instagram Dalam Mendukung Promosi Usaha Sebagai Sebuah Pilihan Atau Paksaan. Jurnal Pustaka Mitra, 74.

Herdiyani, S., Barkah, C. S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN SUATU BISNIS: LITERATURE REVIEW. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 112.

Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, A. (2020). KEHADIRAN MEDIA BARU (NEW MEDIA) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK. medium, 2.

Kartika, A. S. (2023). Analisis Strategi Content Marketing Pada Bisnis Kuliner(Studi Kasus Pada Akun Instagram @initempeid). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 247.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Al-Shaft, 253.

Miranda, S. (2017). PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU. JOM FISIP, 2.

Mohamad, S., Widianti, L. R., & Hendrato, H. (2023). PENERAPAN PLATFORM ANALISIS MEDIA SOSIAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT SEBAGAI MODEL PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL. SeNTIK, 195.

Nabil, M., Sugandi, & Ghufron. (2021). Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Pada Akun Instagram @Griizelle.Id). eJOURNAL Ilmu Komunikasi, 18.

Natasuwarna, A. P. (2020). Workshop Web Analytic dan Google Bisnisku Sebagai Perangkat Digital Marketing. JUDIMAS, 58.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Cakra Books.

Puspanidra, T., & Valdiani, D. (2018). KOMUNIKATOR DALAM STRATEGI ENDORSEMENT (Studi Strategi Endorsement Produsen Kerudung Voal di Instagram). APJIKI, 1.

Ramadhan, A., Naswandi, C. N., & Herman, C. M. (2020). FENOMENA ENDORSEMENT DI INSTAGRAM STORY PADA KALANGAN SELEBGRAM. KAREBA, 320.

Riyanto, A. D. (2024, February 21). andi.link. Retrieved October 14, 2024, from hootsuite we are social: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Saefudin, M., Widianti, L. W., & Hendrato, H. (2023). PENERAPAN PLATFORM ANALISIS MEDIA SOSIAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT SEBAGAI MODEL PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL. SeNTIK, 192.

Sugiyono, P. D. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Yogyakarta: Alfabeta.

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common, 119.

Tamzil, F. (2003). Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Komunikasi. FASILKOM, 8.

Ting, H., Poh Ming, W. W., de Run, E. C., & Yin Choo, S. L. (2015). Beliefs about the Use of Instagram: An Exploratory Study. International Journal of Business and Innovation, 22.

Published

2024-12-27

How to Cite

Nira Sofie Dirgantari, & Mintana, H. H. . (2024). Efektivitas Insight Instagram Sebagai Sarana Endorsement Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta. JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 707-719. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10410