Efektivitas Insight Instagram Sebagai Sarana Endorsement Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10410Keywords:
Endorsement, Instagram, Media Sosial, MahasiswaAbstract
Penting untuk diakui bahwa penggunaan Instagram dalam konteks keuangan belum sepenuhnya dieksplorasi dan dipahami terkhusus dalam meningkatkan finansial tambahan di kalangan remaja khususnya pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta Metode analisis data yang digunakan di penelitian ini yaitu mengacu pada model analisis data Miles dan Huberman Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa Instagram merupakan platform< em> media sosial yang secara signifikan berkontribusi mahasiswa dalam mendapatkan keuntungan melaui endorsement< em> Dari data yang diperoleh dapat dilihat bahwa mahasiswa yang aktif bermain Instagram mampu menghasilkan pendapatan melalui endorse< em> yang berpengaruh positif terhadap kondisi finansial mereka Keuntungan secara personal mengenai endorsement< em> di Instagram pada mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta rata rata berhasil meningkatkan pendapatan dan uang jajan tambahan Penelitian ini memberikan gambaran jelas tentang peran Instagram dalam meningkatkan pendapatan pada mahasiswa tetapi juga menekankan seberapa pentingnya strategi yang digunakan untuk mencapai hasil yang optimal Penggunaan Instagram untuk endorse< em> juga telah meningkatkan pemasaran digital dan personal branding< em> pada mahasiswa mereka belajar untuk membuat konten yang menarik tidak hanya meningkatkan interaksi audiens tetapi juga daya tarik produk yang dipromosikan < p>
References
Afandi Samudra J P Sherley Veren Liang W 2021 Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z KOMUNIKOLOGI 16
Alfajri M F Adhiazni V Aini Q 2019 PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS PADA INSTAGRAM DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMASARAN Interaksi 2
Apryanto F 2022 PERAN GENERASI MUDA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI Media Husada Journal of Community Service 131
Beautynesia 2018 02 05 Endorse Artis VS Endorse Selebgram Mana yang Lebih Menguntungkan? Berikut Ulasannya Retrieved 06 20 2024 from Beautynesia: https: www beautynesia id life endorse artis vs endorse selebgram mana yang lebih menguntungkan berikut ulasannya b 90442
Dewi E K Ayu C N 2022 FENOMENA ENDORSEMENT SEBAGAI TREN MEDIA PEMASARAN DIGITAL DI INDONESIA Nusantara Hasana Journal 154
Firdayanti A Putri D A Risuandi D Ramadhini R N 2022 Pengaruh Promosi Sosial Media dan Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Exclusive Matte Lip Cream Pada Wardah JMPIS 193 196
Gracela A Cerlita V N Zulfannullah 2022 Pengaruh Insight Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Produk Online Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan JISIP 2509
Hamdi K Yadewani D Wijaya R 2021 Media Sosial Instagram Dalam Mendukung Promosi Usaha Sebagai Sebuah Pilihan Atau Paksaan Jurnal Pustaka Mitra 74
Herdiyani S Barkah C S Auliana L Sukoco I 2022 PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN SUATU BISNIS: LITERATURE REVIEW Jurnal Administrasi Bisnis JAB 112
Indrawan J Efriza Ilmar A 2020 KEHADIRAN MEDIA BARU NEW MEDIA DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK medium 2
Kartika A S 2023 Analisis Strategi Content Marketing Pada Bisnis Kuliner Studi Kasus Pada Akun Instagram @initempeid Jurnal Ekonomi dan Bisnis 247
Kusumastuti A Khoiron A M 2019 Metode Penelitian Kualitatif Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo LPSP
Mahliza I Husein A Gunawan T 2020 Analisis Strategi Pemasaran Online Al Shaft 253
Miranda S 2017 PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU JOM FISIP 2
Mohamad S Widianti L R Hendrato H 2023 PENERAPAN PLATFORM ANALISIS MEDIA SOSIAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT SEBAGAI MODEL PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL SeNTIK 195
Nabil M Sugandi Ghufron 2021 Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Studi Pada Akun Instagram @Griizelle Id eJOURNAL Ilmu Komunikasi 18
Natasuwarna A P 2020 Workshop Web Analytic dan Google Bisnisku Sebagai Perangkat Digital Marketing JUDIMAS 58
Nugrahani F 2014 Metode Penelitian Kualitatif Surakarta: Cakra Books
Puspanidra T Valdiani D 2018 KOMUNIKATOR DALAM STRATEGI ENDORSEMENT Studi Strategi Endorsement Produsen Kerudung Voal di Instagram APJIKI 1
Ramadhan A Naswandi C N Herman C M 2020 FENOMENA ENDORSEMENT DI INSTAGRAM STORY PADA KALANGAN SELEBGRAM KAREBA 320
Riyanto A D 2024 February 21 andi link Retrieved October 14 2024 from hootsuite we are social: https: andi link hootsuite we are social data digital indonesia 2024
Saefudin M Widianti L W Hendrato H 2023 PENERAPAN PLATFORM ANALISIS MEDIA SOSIAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT SEBAGAI MODEL PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL SeNTIK 192
Sugiyono P D 2022 METODE PENELITIAN KUALITATIF Yogyakarta: Alfabeta
Sutrisno A P Mayangsari I D 2021 Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Jurnal Common 119
Tamzil F 2003 Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Komunikasi FASILKOM 8
Ting H Poh Ming W W de Run E C Yin Choo S L 2015 Beliefs about the Use of Instagram: An Exploratory Study International Journal of Business and Innovation 22






