Efektivitas Insight Instagram Sebagai Sarana Endorsement Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10410

Keywords:

Endorsement, Instagram, Media Sosial, Mahasiswa

Abstract

Penting untuk diakui bahwa penggunaan Instagram dalam konteks keuangan belum sepenuhnya dieksplorasi dan dipahami terkhusus dalam meningkatkan finansial tambahan di kalangan remaja khususnya pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta Metode analisis data yang digunakan di penelitian ini yaitu mengacu pada model analisis data Miles dan Huberman Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa Instagram merupakan platform< em> media sosial yang secara signifikan berkontribusi mahasiswa dalam mendapatkan keuntungan melaui endorsement< em> Dari data yang diperoleh dapat dilihat bahwa mahasiswa yang aktif bermain Instagram mampu menghasilkan pendapatan melalui endorse< em> yang berpengaruh positif terhadap kondisi finansial mereka Keuntungan secara personal mengenai endorsement< em> di Instagram pada mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta rata rata berhasil meningkatkan pendapatan dan uang jajan tambahan Penelitian ini memberikan gambaran jelas tentang peran Instagram dalam meningkatkan pendapatan pada mahasiswa tetapi juga menekankan seberapa pentingnya strategi yang digunakan untuk mencapai hasil yang optimal Penggunaan Instagram untuk endorse< em> juga telah meningkatkan pemasaran digital dan personal branding< em> pada mahasiswa mereka belajar untuk membuat konten yang menarik tidak hanya meningkatkan interaksi audiens tetapi juga daya tarik produk yang dipromosikan < p>

References

Afandi Samudra J P Sherley Veren Liang W 2021 Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z KOMUNIKOLOGI 16

Alfajri M F Adhiazni V Aini Q 2019 PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS PADA INSTAGRAM DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMASARAN Interaksi 2

Apryanto F 2022 PERAN GENERASI MUDA TERHADAP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI Media Husada Journal of Community Service 131

Beautynesia 2018 02 05 Endorse Artis VS Endorse Selebgram Mana yang Lebih Menguntungkan? Berikut Ulasannya Retrieved 06 20 2024 from Beautynesia: https: www beautynesia id life endorse artis vs endorse selebgram mana yang lebih menguntungkan berikut ulasannya b 90442

Dewi E K Ayu C N 2022 FENOMENA ENDORSEMENT SEBAGAI TREN MEDIA PEMASARAN DIGITAL DI INDONESIA Nusantara Hasana Journal 154

Firdayanti A Putri D A Risuandi D Ramadhini R N 2022 Pengaruh Promosi Sosial Media dan Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Exclusive Matte Lip Cream Pada Wardah JMPIS 193 196

Gracela A Cerlita V N Zulfannullah 2022 Pengaruh Insight Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Produk Online Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan JISIP 2509

Hamdi K Yadewani D Wijaya R 2021 Media Sosial Instagram Dalam Mendukung Promosi Usaha Sebagai Sebuah Pilihan Atau Paksaan Jurnal Pustaka Mitra 74

Herdiyani S Barkah C S Auliana L Sukoco I 2022 PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN SUATU BISNIS: LITERATURE REVIEW Jurnal Administrasi Bisnis JAB 112

Indrawan J Efriza Ilmar A 2020 KEHADIRAN MEDIA BARU NEW MEDIA DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK medium 2

Kartika A S 2023 Analisis Strategi Content Marketing Pada Bisnis Kuliner Studi Kasus Pada Akun Instagram @initempeid Jurnal Ekonomi dan Bisnis 247

Kusumastuti A Khoiron A M 2019 Metode Penelitian Kualitatif Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo LPSP

Mahliza I Husein A Gunawan T 2020 Analisis Strategi Pemasaran Online Al Shaft 253

Miranda S 2017 PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING FASHION TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU JOM FISIP 2

Mohamad S Widianti L R Hendrato H 2023 PENERAPAN PLATFORM ANALISIS MEDIA SOSIAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT SEBAGAI MODEL PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL SeNTIK 195

Nabil M Sugandi Ghufron 2021 Penggunaan Fitur Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Studi Pada Akun Instagram @Griizelle Id eJOURNAL Ilmu Komunikasi 18

Natasuwarna A P 2020 Workshop Web Analytic dan Google Bisnisku Sebagai Perangkat Digital Marketing JUDIMAS 58

Nugrahani F 2014 Metode Penelitian Kualitatif Surakarta: Cakra Books

Puspanidra T Valdiani D 2018 KOMUNIKATOR DALAM STRATEGI ENDORSEMENT Studi Strategi Endorsement Produsen Kerudung Voal di Instagram APJIKI 1

Ramadhan A Naswandi C N Herman C M 2020 FENOMENA ENDORSEMENT DI INSTAGRAM STORY PADA KALANGAN SELEBGRAM KAREBA 320

Riyanto A D 2024 February 21 andi link Retrieved October 14 2024 from hootsuite we are social: https: andi link hootsuite we are social data digital indonesia 2024

Saefudin M Widianti L W Hendrato H 2023 PENERAPAN PLATFORM ANALISIS MEDIA SOSIAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT SEBAGAI MODEL PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL SeNTIK 192

Sugiyono P D 2022 METODE PENELITIAN KUALITATIF Yogyakarta: Alfabeta

Sutrisno A P Mayangsari I D 2021 Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Jurnal Common 119

Tamzil F 2003 Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Komunikasi FASILKOM 8

Ting H Poh Ming W W de Run E C Yin Choo S L 2015 Beliefs about the Use of Instagram: An Exploratory Study International Journal of Business and Innovation 22

Published

2024-12-27

How to Cite

Efektivitas Insight Instagram Sebagai Sarana Endorsement Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta. (2024). JURNAL PARADIGMA : Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 707 719. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i2.10410